LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Penyebab Utama Anda Ditolak Pihak Rekruitment saat Melamar Kerja

Hal yang paling menyakitkan bagi pelamar kerja adalah ditolak saat melamar pekerjaan. Setuju? Bahkan yang lebih menyakitkan lagi, hal pahit tersebut terjadi bukan hanya sekali tetapi berkali-kali. Sebenarnya terdapat beberapa Penyebab Utama Anda Ditolak Pihak Rekruitment atau HRD, kelengkapan  persyaratan yang tidak sesuai kriteria yang di butuhkan perusahaan, minim pengalaman kerja, nilai akademis yang kurang, dan sebagainya.

Nah, untuk lebih jelasnya terkait penyebab utama Anda di tolak berkerja, berikut telah kami rangkum detailnya. Silahkan disimak.

Penyebab Utama Anda Ditolak Pihak Rekruitment HRD

  1. Hasil Wawancara Buruk

Umumnya, hasil wawancara merupakan penyebab Anda tidak diterima ketika melamar kerja. Banyak perusahaan yang enggan menerima calon pegawai yang suka berdebat dan banyak bicara, karena yang dibutuhkan adalah pegawai yang dapat bekerja dalam tim.

  1. Terlalu Cepat Bertanya Gaji

Kesalahan paling fatal yang menjadi penyebab utama Anda ditolak pekerjaan adalah terlalu cepat menanyakan gaji. Apalagi ketika sedang menjalani tes wawancara.

Penyebab Utama Anda Ditolak Pihak Rekruitment saat Melamar Kerja

penyebab utama Anda ditolak oleh pihak rekruitment

Hal ini akan membuat calon atasan berpikir jika yang Anda pikirkan hanya melulu soal uang dan materi belaka. Ingat, Anda masih belum melakukan apapun bagi perusahaan, tetapi sudah menanyakan tentang gaji, apalagi jika Anda meminta gaji yang tinggi. Bisa dipastikan Anda akan ditolak pekerjaan.

Baca juga : Hindari 11 Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja Berikut Ini

  1. Tidak Mempersiapkan Diri

Jangan pernah menganggap tes dan wawancara kerja sebagai hal yang sepele. Banyak orang yang melakukan kesalahan dengan tidak mempersiapkan diri hingga akhirnya mereka gagal diterima kerja.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggali informasi lebih dalam tentang bidang yang diminati, serta berlatih wawancara dengan teman. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan diri Anda sebelum mengikuti tes wawancara kerja. Selain itu, Anda jadi tahu sejauh mana potensi untuk diterima kerja.

  1. Kurang Dalam Kemampuan Wawancara

Salah satu penyebab Anda ditolak pekerjaan adalah sulit berkomunikasi dengan baik. Jadi, ketika mengikuti wawancara kerja, pastikan Anda menjawab tiap pertanyaan dengan jelas dan singkat. Jangan sampai berbicara berputar-putar sehingga membuat pihak perusahaan bingung dengan jawaban Anda.

  1. Penampilan Anda Kurang Menarik

Penampilan merupakan hal yang tak kalah penting dalam menentukan diterima atau tidaknya Anda pada sebuah perusahaan. Apabila Anda mengenakan pakaian kucel, tidak rapi dengan rambut acak-acakan pada saat melamar pekerjaan, maka perusahaan akan berpikir lagi untuk menerima Anda.

  1. Terlalu Fokus Menjual Diri

Banyak pelamar yang ingin membuat pewawancara terkesan dengan cara menunjukkan kemampuannya, bahkan tak jarang malah dilebih-lebihkan. Padahal yang diharapkan oleh manager adalah jawaban serta pendapat yang jujur, sehingga mereka dapat memperkirakan bagaimana ketika kelak Anda bekerja di sana. Jadi, sebaiknya Anda menjawab dengan jujur tentang kelebihan dan kelemahan Anda.

  1. Sok Pintar

Pada saat melakukan wawancara, jangan sampai Anda bersikap sok pintar di depan calon atasan. Pasalnya, perusahaan lebih membutuhkan pegawai yang kreatif, niat bekerja dan bisa diajak bekerja sama dalam tim, bukan pegawai yang sok pintar.

  1. Kemampuan Anda Terlalu Baik

Tak jarang, perusahaan akan urung menerima Anda jika kemampuan Anda dianggap terlalu baik. Secara realistis, sebagai seorang atasan pasti akan menolak pegawai yang memiliki keterampilan lebih unggul. Apalagi jika Anda memiliki pengalaman kerja lebih lama dari atasan tersebut, bisa jadi Anda akan ditolak oleh perusahaan tersebut.

Baca juga : Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang

Nah, itulah beberapa Penyebab Utama Anda Ditolak Pihak Rekruitment saat melamar pekerjaan. Semoga informasi ini dapat berguna, dan silahkan dipraktekkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.