Penyebab koneksi internet lemot

2
166

Koneksi internet yang lemot tentunya sangat menyebalkan, membosankan dan internetan menjadi mengesalkan pastinya. Mau browsing halaman tidak kebuka-buka, mau download ga selesai-selesai, mau chating di jejaring sosial putus nyambung putus nyambung, dll pokonya internetan menjadi BT deh.

Sebenarnya apasih penyebab kenapa koneksi internet yang kita gunakan yang awalnya lumayan cepat kenapa tiba-tiba menjadi lemot, lelet dan slow.
Berikut beberapa faktor penyebab kenapa koneksi internet jadi lemot :
  • Sudah pasti yang pertama yaitu sinyal, sinyal yang buruk maka koneksinya pasti akan buruk juga. Untuk saat ini sinyal terbaik untuk internet yaitu : UMTS untuk GSM dan EVDO untuk CDMA.
  • Modem yang digunakan apakah sudah mendukung untuk sinyal UMTS untuk GSM dan EVDO untuk CDMA dan kecepatan modem maksimal 3Mbps – 7Mbps.
  • Cuaca yang buruk, hujan yang lebat akan mempengaruhi sinyal sehingga akan mempengaruhi koneksi internet.
  • Jika sinyal , modem, cuaca ok penyebab internet menjadi lemot yaitu kuota internet telah habis, internet unlimited yang kita gunakan sebagian besar dibatasi dengan kuota misalnya 500 MB, 1 GB tergantung dari tarif dan ketentuan masing2 provider, nah jika kuota internet telah habis maka kecepatan internet akan di turunkan. maka tipsnya berhematlah dalam menggunakan kuota internet, kurangi mendownload hal-hal yang tidak terlalu penting.
  • Untuk yang suka download alternatifnya bisa memilih internet yang tanpa di batasi kuota.
  • Untuk yang tidak telalu sering/jarang-jarang menggunakan internet memilih paket kuota bisa sebagai alternatif untuk lebih mengutamakan kecepatan.
  • Tarif internet juga tentunya mempengaruhi kecepatan internet.

Terimakasih semoga bermanfaat.

2 KOMENTAR

  1. yang menurut ane yang sering ngaruh memang faktor cuaca yang buruk,kebetulan ane pake modem cdma,jagi klo pas musim hujan.kesabaran dalam berinternet mesti ditambah,mklum lemooot abisz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.