Penyebab Bayi tidak Bisa Tidur Nyenyak

KeluargaSamawa.com – Tidur adalah salah satu kegiatan bayi yang perlu dijaga kualitasnya, apalagi diusia 0-4 bulan pertamanya. Sebab, tidur yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi. Namun sayangnya, karena berbagai sebab, seringkali buah hati kita tak dapat tidur dengan nyenyak/berkwalitas. Tentu hal ini tak boleh dibiarkan, sebab bisa berdampak buruk terhadap kesahatan. Lantas, sebenarnya apa sih penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak? Nah, berikut kami bagikan penjelasannya. Silahkan disimak.

Penyebab Bayi tidak Bisa Tidur Nyenyak :

  • Popoknya terlalu basah atau habis buang air besar

Kulit bayi sangatlah sensitive, jadi ketika popoknya basah karena pipis ataupun kotor karena buang air besar, bayi akan menangis. Ketidaknyamanan ini tentu sangat mengganggu kualitas tidur bayi. Dan perlu anda ketahui bahwa popok yang kotor adalah sarang bakteri yang dapat menyebabkan kulit buah hati anda iritasi. Jadi pastikan popok bayi anda bersih ketika hendak tidur. Atau segera gantilah popok bayi anda setelah pipis maupun buang air besar.

Baca juga : Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

  • Merasa lapar

Pastikan buah hati anda kenyang sebelum tidur. Karena jika bayi merasa lapar tentu bayi akan sering terbangun dan tidurnya tidak nyenyak. Ada baiknya anda berikan makanan sesuai porsi bayi 1 jam sebelum ia tidur. Dengan perut yang kenyang akan membantunya dapat tidur dengan nyenyak.

penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak

penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak

  • Kondisi kesehatannya terganggu

Bayi sulit tidur nyenyak ketika kondisi kesehatannya terganggu. Apalagi jika bayi mengalami Demam, flu, batuk ataupun pilek. Hidung yang tersumbat, kepala pusing atau tenggorokan gatal membuat bayi tidak nyaman ketika tidur sehingga mengganggu kualitas tidurnya.

  • Kamar yang kurang nyaman

Bayi terbiasa nyaman diperut ibu. Jadi ketika dilahirkan ia membutuhkan tempat yang nyaman pula. Ciptakan suhu kamar yang nyaman (tidak terlalu panas maupun dingin) agar bayi dapat tidur dengan nyenyak. Jika perlu, buat lampu kamar menjadi remang-remang agar tidak terlalu silau terhadap cahaya

  • Badan yang tidak segar

Ketika badan kita gerah atau tidak segar, tentu kita akan sulit untuk tertidur. Hal ini juga berlaku untuk bayi kita. Selalu mandikan dua kali sehari agar tubuh bayi tetap segar. Jika jarak waktu mandi dengan waktu tidur terlalu jauh, anda bisa mengelap tubuh bayi dengan air hangat lalu pakaikan minyak telon dan juga bedak sebelum tidur. Hal ini untuk menjaga kesegaran tubuh bayi.

  • Pembiasaan orang tua

Ada beberapa orang tua yang membiasakan buah hatinya untuk tidur berdampingan dengan barang-barang kesayangannya, seperti guling, boneka atau empeng. Ternyata hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak karena tidak ada benda-benda kesayangan didekatnya. Jadi akan lebih baik jika tidak membiasakan buah hati dengan hal-hal tersebut.

Baca juga : Kapan Bayi Tumbuh Gigi dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Semoga uraian diatas bisa membantu anda dalam mengetahui penyebab serta mengatasi masalah sulit tidur pada buah hati anda. Jangan lupa untuk sedemikian rupa menciptakan kenyamanan agar bayi anda dapat tidur dengan nyenyak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply