LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pentingnya safety riding untuk keselamatan berkendara

Keluargasamawa.com- Sepeda motor menjadi kendaraan yang lebih diminati oleh masyarakat Indonesia sekarang ini. Tingkat penjualannya pun semakin meningkat setiap tahunnya. Memang sepeda motor lebih praktis, simpel dan dinilai bisa meminimalisir ongkos bepergian baik kekantor, kekampus, kesekolah dsb.
Namun perlu diketahui sepeda motor memiliki resiko yang lebih tinggi, karena faktor perlindungan lebih minim. Maka ketika berkendara sepeda motor harus lebih memperhatikan keselamatan dan kenyamamannya atau dikenal dengan istilah safety riding.

Apasaja sih poin-poin penting dalam safety riding :
  • Kondisi fisik prima
Kondisi fisik harus selalu dalam keadaan prima, kondisi yang tidak bugar bisa membahayakan keselamatan kita karena konsentrasi berkendara akan menurun.
  • Periksa kendaraan
Memeriksa kendaraan sebelum bepergian juga hal yang sangat penting. Pastikan kendaraan dalam keadaan baik, periksa rem, bensin, stang, rantai dsb
  • Perlengkapan keselamatan
Memakai helm, jaket, sarung tangan, alas kaki merupakan hal yang tidak boleh dilupakan.
  • Membawa dokumen kendaraan
Membawa dokumen baik itu sim, STNK dan kartu identitas lainya juga jangan sampai tertinggal, maka cek sebelum berangkat segala dokumen yang diperlukan.
  • Etika Berkendara
Mentaati seluruh peratuan rambu-rambu lalu lintas yang berlaku, sopan tidak kebut-kebutan dalam berkendara merupakan hal yang tpenting dalam saftey riding. Jangan lupa berdoa sebelum memulai berkendara.
Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.