Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

3
155
Merawat gigi merupakan kebiasaan yang harus dibiasakan sejak dini. Meskipun masa anak masih memiliki gigi susu yang akan tanggal dengan sendirinya merawat gigi susu juga harus diperhatikan.
Karena ada beberapa orang tua beranggapan bahwa gigi susu juga nanti akan tanggal sendiri, ini merupakan pemahan yang keliru. Meskipun gigi anak masih memiliki gigi susu tetap harus dijaga terus agar kerusakan pada gigi susu tidak akan terbawa ketika sudah tumbuh gigi tetap jika sudah dewasa nantinya.
Merawat gigi anak
Sehingga dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat dengan merawat gigi secara teratur akan terbiasa sampai dewasa, sehingga memiliki gigi yang sehat, putih dan kuat dan gigi tersusun rapih.
Berikut beberapa tips agar anak suka untuk merawat gigi dengan baik :
  • Ajarkan anak untuk menyikat gigi dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur, kemudian periksa kebersihan gigi anak apakah sudah bersih menyikat giginya atau belum.
  • Pilihlah sikat gigi anak yang bentuknya lucu sehingga anak suka dan rajin untuk menyikat gigi.
  • Gunakan pasta gigi yang memiliki rasa yang disukai oleh anak-anak, seperti rasa buah-buahan tapi harus diingatkan ya jangan ditelan pasta giginya.
  • Ajarkan pada anak untuk membiasakan berkumur dengan air putih setelah makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan.
  • Biasakan pada anak untuk suka makan-makan buah-buahan dan minum susu karena susu sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.
  • Biasakan untuk memeriksakan gigi anak ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali supaya petumbuhan gigi anak bisa dikontrol dengan baik dan lebih rapih.

Terimakasih semoga bermanfaat.

3 KOMENTAR

  1. penting supaya di usia selanjutnya gigi tidak keropos apalagi sampai patah hingga ompong. Membiasakan itu yang sulit karena terkadang sudah disuruh gosok gigi malah tertidur hadeeeh…
    salam kenal makasih kunjungannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.