Pentingnya merawat kebersihan sikat gigi

Kebersihan Sikat Gigi

Menjaga kebersihan gigi bukan hanya dengan gosok gigi secara teratur, tetapi juga harus memperhatikan faktor kebersihan pada sikat gigi itu sendiri yang kita gunakan sehari-hari untuk mendapatkan kesehatan gigi yang lebih sempurna. Karena dari sumber-sumber yang saya baca ternyata pada sikat gigi terdapat berbagai macam bakteri dan kuman-kuman yang bisa menganggu kesehatan kita. jadi Pentingnya merawat kebersihan sikat gigi.

Sikat gigi

Berikut cara menjaga kebersihan sikat gigi :

  • Mencuci sikat gigi setelah selesai digunakan dengan bersih, jangan biarkan sikat gigi dalam keadaan kotor karena bakteri akan berkumpul disikat gigi dan akan masuk kembali kemulut ketika akan digunakan lagi.
  • Jaga agar sikat gigi selalu kering, karena bakteri akan lebih mudah berkembang jika kondisi sikat gigi lembab dan basah.
  • Hindari tertukar dengan sikat gigi yang dipakai orang lain, baik itu sesama anggota keluarga, karena bisa menyebabkan mudahnya bakteri berpindah ke orang lain. Gunakan sikat gigi masing-masing, supaya tidak tertukar berilah label atau pilih warna yang berbeda-beda.
  • Simpan sikat gigi ditempat yang jauh dari kloset, untuk menghindari terjatuh ke kloset atau terciprat air dari kloset ketika sedang menyiram.
  • Ganti sikat gigi ketika bulu sudah rusak dan tidak nyaman dipakai karena bisa merusak gusi kita, sebaiknya ganti kurang lebih setiap 3-4 bulan sekali, supaya lebih terjaga kebersihannya.

Jangan lupa ya untuk selalu menjaga kebersihan sikat gigi untuk mendapatkan kesehatan gigi yang lebih sempurna.

Baca juga : Pentingnya kedokter gigi 6 bulan sekali

Terimaksih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.