LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pentingnya Menjaga Gula Darah

Semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya menjaga gula darah karena banyak informasi yang beredar sehubungan dengan pola hidup tak sehat. Kesadaran untuk menerapkan pola hidup yang sehat khususnya agar tidak menimbulkan berbagai penyakit. Tubuh manusia membutuhkan glukosa atau gula darah untuk membantu kinerja dan kesehatan tubuh.

Bila gula darah berlebihan maka dapat menyebabkan beragam penyakit, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Penyakit Diabetes Mellitus adalah salah satu penyakit yang disebabkan kadar gula darah yang tinggi. Bahkan jumlah penderitanya saat ini cukup banyak. Penderitanya tak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak.

Pentingnya Menjaga Gula Darah

Pentingnya Menjaga Gula Darah

Selain itu konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Oleh sebab itu perlu untuk diimbangi dengan olahraga secara teratur. Ini juga yang menyebabkan banyak orang menyadari pentingnya menjaga tubuh tetap sehat. Beragam cara dilakukan untuk menghindari beragam serangan penyakit, khususnya dalam menjaga pola makan yang sehat. Berikut ini ada beberapa cara yang banyak dilakukan orang-orang yang menyadari pentingnya menjaga gula darah agar tubuh selalu sehat.

  • Mengurangi konsumsi nasi putih

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang rasanya enak dibandingkan ubi atau jagung. Maka tak mengherankan bila orang Indonesia sangat bergantung dengan nasi. Setiap hari minimal orang Indonesia memakan nasi 2 kali dengan jumlah yang dikonsumsi berbeda-beda untuk tiap-tiap orang. Sekarang banyak informasi yang merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi nasi untuk menjaga kesehatan. Sebab nasi menjadi salah satu penyebab tingginya kadar gula darah seseorang.

Baca juga : Pentingnya Cek Kolesterol Darah

  • Membatasi konsumsi gula

Gula sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Sadar ataupun tidak, setiap hari selalu ada gula yang masuk dalam tubuh, baik pada makanan ataupun minuman. Pada kadar tertentu manusia memerlukan gula sebagai sumber energi, namun bila berlebihan dapat menjadi ancaman bagi tubuh seperti resiko menyebabkan beragam penyakit.

  • Memeriksa secara rutin

Kondisi gula darah pada tubuh seseorang dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung pola hidup yang dijalani. Kadar gula yang terlalu tinggi pun dapat mempengaruhi organ lainnya, seperti jantung dan ginjal. Maka akan lebih baik bila memeriksa secara rutin untuk mengetahui kadar gula darah, bagi orang-orang yang menyadari pentingnya menjaga gula darah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.