Pentingnya membiasakan menabung pada anak sejak dini

2
9
Keluargasamawa.com –  Menabung merupakan kebiasaan yang sangat penting diajarkan pada anak sejak dini. Kebiasaan menabung memang bagi sebagian kita merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Gaji yang didapat untuk kebutuhan sehari hari saja tidak cukup, bagaimana bisa menabung.
Menabung mempunyai manfaat yang penting untuk diajarkan pada anak sejak dini, untuk masa depannya yang lebih baik. Karena dengan membiasakan menabung pada anak maka kita bisa menerapkan arti pentingnya hidup hemat. Sehingga sekecil kelak jika sudah dewasa bisa mengatur keuangan dengan baik.
Berikut beberapa manfaat membiasakan menabung pada sikecil :
  • Melatih hidup hemat

Dengan melatih sekecil menabung bisa sebagai cara untuk melatih anak berhemat, yaitu melatih anak untuk bisa menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung.

  • Melatih kesabaran dan Hidup Mandiri
Dengan menabung kita bisa mengajarkan sikecil tetang arti kesabaran, kita bisa mengajarkan kepada sikecil jika menginginkan sesuatu maka harus menabung dulu sampai uangnya terkumpul supaya bisa membeli sesuatu, misalnya baju baru, mainan, atau lainnya.
  • Belajar tentang uang
Dengan menabung juga bisa mengajarkan kepada sikecil tentang uang : apa sih manfaat uang, belajar mengetahui nilai nominal uang baik logam atau uang kertas.
Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan supaya anak suka menabung :
  • Menabung konvensional mungkin lebih efektif diterapkan untuk usia dini,  yaitu menabung di celengan.  Belikan sekecil sebuah celengan dengan bentuk yang unik.  Misalnya celengan berbentuk hewan kesayangan kucing, ayam atau kalau ada boneka untuk anak perempuan, supaya sikecil merasa senang menabung dan mempunyai rasa memiliki.
  • Ajarkan anak untuk menyisihkan sebagian uangnya jajannya untuk digabung di celengan secara rutin.
Terimakasih semoga bermanfaat, ada saran dan masukan silahkan berikan komentarnya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.