LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pentingnya Komunikasi Dengan Pasangan Setelah Menikah

KeluargaSamawa.com – Menikah adalah bersatunya dua insan manusia dalam satu ikatan yang didasari oleh rasa cinta dan kasih sayang. Masa-masa setelah menikah, bisa dibilang tahapan awal lagi untuk melakukan adaptasi terhadap pasangan.

Tidak segala hal dalam berumah tangga dapat berjalan mulus. Pemikiran dua kepala yang tak sejalan dapat menimbulkan gesekan atau mungkin pertengkaran, yang bahkan bisa berakhir dengan perceraian jika tidak dapat dikomunikasikan dan diselesaikan dengan baik. Sehingga pentingnya komunikasi dengan pasangan setelah menikah menjadi salah satu cara untuk memahami keinginan ataupun keluhan dari pasangan anda dalam menjalani biduk rumah tangga.

Untuk itu, berikut adalah tips mengenai ketrampilan berkomunikasi yang bisa anda coba agar komunikasi anda dengan pasangan semakin mengena dan tepat.

  • Pemilihan waktu yang tepat

Perlu waktu yang tepat untuk dapat mengutarakan hasil pemikiran anda kepada pasangan anda. Hal ini dikarenakan tidak setiap saat pasangan anda dalam kondisi mood yang baik. Karena jika dalam kondisi yang tidak tepat, bukan tanggapan terbaik yang akan anda dapatkan. Bisa jadi justru pertengkaran yang tercipta.

  • Mencari solusi bersama

Pentingnya komunikasi dengan pasangan setelah menikah merupakan keharusan agar semua masalah yang dihadapi dalam menjalani kehidupan bersama dapat diselesaikan secara damai. Meskipun begitu, dalam mencapai kesepakatan bersama anda dan pasangan harus bisa fleksibel dalam artian siap mengorbankan beberapa hal demi mencari solusi bersama.

pentingnya komunikasi dengan pasangan setelah menikah

pentingnya komunikasi dengan pasangan setelah menikah

  • Pemanfaatan teknologi

Jika anda jarang memiliki waktu untuk berduaan dengan pasangan anda, anda bisa memanfaatkan tekhnologi untuk tetap menjaga keharmonisan hubungan anda dan pasangan. Dengan selalu berkirim kabar, tentu akan membuat anda dan pasangan selalu merasa berdekatan. Sehingga ketika ada masalah, meskipun jarak memisahkan namun anda tetap bisa berbagi dengan pasangan anda.

Baca juga : Menikah Membuka Pintu Rejeki

  • Singkirkan gangguan

Ketika anda sedang berkomunikasi dengan pasangan anda, ada baiknya anda bisa memposisikan diri menjadi pendengar yang baik. Fokuslah dengan pasangan anda dan singkirkan hal-hal yang mengganggu komunikasi anda (seperti gadget atau suara yang mungkin mengganggu pendengaran anda). karena sesungguhnya komunikasi bukan hanya masalah informasi saja, namun juga bisa sebagai pemenuhan kebutuhan psikis.

  • Manfaat moment disaat kebersamaan anda

Bukan hal yang tidak mungkin bagi anda dan pasangan untuk dapat romantis seperti waktu pendekatan maupun pacaran. Disaat sedang bersama dengan pasangan, tentu anda akan merasa nyaman dan juga rileks. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan moment ini untuk mengutarakan hal-hal yang mengganggu pemikiran anda.

Baca juga : Tips Menuju Keluarga Samawa Melalui Ta’aruf

Nah, itulah diatas pentingnya komunikasi dengan pasangan setelah menikah. Sekecil apapun masalah dengan pasangan anda akan membuat anda tak nyaman. Sehingga komunikasikan dengan baik, agar anda bisa menyelesaikan masalah merupakan solusi bijak yang harus dilakukan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.