LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pentingnya Cek Kolesterol Darah

Apa pentingnya cek kolesterol darah? Ini dapat memberikan data perkiraan kadar kolesterol yang ada dalam aliran darah. Selain untuk menjadi jawaban rasa ingin tahu, tes ini dilakukan oleh dokter secara rutin untuk memantau pengobatan kolesterol pada pasien. Selain dapat dilakukan di laboratorium, cek kolesterol darah dapat dilakukan di rumah menggunakan alat cek yang banyak dijual apotek besar.

Sekarang ini mulai banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kadar kolesterol di dalam darah. Ini amat penting untuk menurunkan angka kesakitan karena penyakit pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung menjadi penyakit yang umum sekarang ini dan dapat menyerang siapapun khususnya mereka yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Pentingnya Cek Kolesterol Darah

Pentingnya Cek Kolesterol Darah

 

Di rentang usia ini jantung bekerja lebih berat karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah tepi. Peningkatan tekanan ini kerap dipicu oleh kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah. Oleh sebab itu bagi orang yang sudah berusia lebih dari 50 tahun harus selalu mengingat pentingnya cek kolesterol darah.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Gula Darah

Kolesterol adalah bahan yang seharusnya tidak beredar dalam darah dalam kadar yang tinggi. Umumnya kolesterol memasuki tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Kolesterol banyak ditemukan pada telur, daging, dan makanan berlemak yang lainnya. Bila Anda mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan tentunya beresiko meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Disinilah peran dalam mengatur gaya hidup untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan kolesterol.

Dengan mengamati hasil tes kolesterol, Anda akan memiliki motivasi untuk merubah perilaku dalam mengonsumsi makanan. Anda akan khawatir akan kenyataan bahwa Anda termasuk orang yang memiliki resiko mengalami penyakit jantung. Ini menjadi baik dalam usaha Anda merubah gaya hidup.

Kadar kolesterol ideal di dalam darah yaitu dibawah 200 mg/dL. Bila Anda memiliki keluarga yang pernah mengalami serangan jantung maka target kadar kolesterol Anda perlu diturunkan. Bahkan bila perlu harus dibawah 100 mg/dL. Sementara kadar HDL kolesterol perlu dijaga pada 40 – 60 mg/dL. Untuk Anda yang sudah berusia lebih dari 20 tahun maka sudah saatnya Anda rutin memeriksa kadar kolesterol setiap 5 tahun sekali. Oke itu tadi sedikit ulasan mengenai pentingnya cek kolesterol darah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.