Pentingnya bimbingan ketika anak menggunakan gadget

3
23

Sekarang ini gadget sudah merupakan benda yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari mulai dari orang tua, remaja, anak yang masih balita juga sudah menggunakan berbagai jenis gadget, baik itu telphone genggam, tablet pc, maupun laptop dll.

Bahkan banyak orang tua yang sudah membiarkan anaknya menggunakan gadget sendiri, dengan berbagai alasan untuk mempermudah sianak untuk berkomunikasi, supaya anak melek teknologi sejak dini. Terkadang penggunaan gadget yang tidak tepat justru akan menghambat proses belajar anak. Dan sebaiknya memperhatikan waktu yang tepat bagi sianak diperbolehkan menggunakan gadget sendiri, kerena tak sedikit anak yang malah kecanduan untuk bermain game menggunakan gadget.

Gadget

Masa anak-anak merupakan masa dimana anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, maka sebaiknya perlu adanya pengawasan yang tepat dari orang tua dalam menggunakan gadget karena masih perlu bimbingan dari orang tua, misalnya dengan memberikan aplikasi-aplikasi yang mengandung unsur edukatif sehiingga lebih memberikan nilai manfaat yang baik.

Berikut beberapa alasan perlu adanya pengawasan orang tua ketika anak menggunakan gadget :

  • Sekarang ini gadget-gadget biasanya sudah dilengkapi dengan akses internet, maka perlu ada pengawasan supaya sianak tidak membuka situs-situs yang tidak pantas.
  • Untuk menghindari adanya tindak kejahatan melalui internet, maka orang tua waspada ketika anak menggunakan jejaring sosial, kita sering mendengar adanya tindak kejahatan anak¬† melalui situs jejaring sosial.
  • Supaya anak tidak ketergantungan terhadap gadget, karena banyak anak yang sulit lepas dari gadget karena sudah kecanduan,¬† sehingga kemauan belajar menjadi terganggu.
  • Atur waktu penggunaan gadget yang tepat.

Terimakasih semoga bermanfaat.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.