LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pentingnya Bersyukur Atas Apa Yang Kita Dapatkan

Kehidupan di dunia ini selalu dihiasi dengan cobaan dan nikmat. Kebanyakan orang akan ingat dengan penciptanya dikala ia memperoleh cobaan. Dia akan berdoa sepanjang malam hanya untuk diberi kenikmatan kembali. Berharap doa yang dia panjatkan segera dikabulkan seperti apa yang dia inginkan. Setelah mendapatkan nikmat lagi, kebanyakan yang terjadi adalah lalai dengan penciptanya. Nikmat yang diperoleh tidak disyukuri sama sekali.

Padahal mensyukuri nikmat yang diperoleh memiliki manfaat yang banyak. Cara mensyukurinya pun bisa melalui berbagai cara, mulai dari bersedekah, meningkatkan ibadah dan lain sebagainya. Lalu apa sebenarnya manfaat atau pentingnya bersyukur atas apa yang kita dapatkan?

Pentingnya Bersyukur Atas Apa Yang Kita Dapatkan

Pentingnya Bersyukur Atas Apa Yang Kita Dapatkan

Manfaat bersyukur sangatlah banyak :

  • pertama adalah akan ditambah nikmat yang telah diberikan oleh Allah, bahkan ditambah berkali-kali lipat.
  • Manfaat selanjutnya yang akan diperoleh adalah tidak akan disiksa oleh Allah, bahkan Allah akan memberikan pahala untuk amal-amal yang telah diperbuat.
  • Berikutnya manfaat akan kembali pada diri sendiri, maksudnya adalah akan memperoleh kedamaian, ketentraman, ketenangan, dan kedamaian hidup. Karena orang yang senantiasa bersyukur akan memiliki hati yang ikhlas. Dan manfaat ikhlas sendiri adalah ketenangan dalam hidup.
  • Manfaat selanjutnya adalah melestarikan nikmat, maksudnya nikmat yang diperoleh tidak akan ditarik oleh Allah. Manfaat yang telah disebutkan merupakan beberapa manfaat dari bersyukur, sebenarnya masih banyak lagi.

Mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa bersyukur itu sia-sia.  Contohnya ingin bersedekah atau berzakat untuk mensyukuri nikmat yang telah diperoleh, tapi orang tersebut beranggapan nanti uangnya akan semakin berkurang.

Ujung-ujungnya orang tersebut tidak melakukan sedekah. Pemikiran seperti ini tentu salah besar, mengapa demikian? Karena menyukuri nikmat yang telah diberikan Allah, salah satu manfaatnya adalah nikmat yang diperoleh tersebut akan dilipat gandakan.

Baca juga : Manfaat Berdzikir dalam Islam

Untuk itu, seharusnya setiap umat islam harus senantiasa bersyukur atas nikmat yang diperoleh, bukan untuk memperoleh nikmat yang banyak, tetapi untuk memperoleh ridho Allah. Karena dengan demikian urusan-urusan duniawi akan datang dengan sendirinya tanpa kita meminta kepada Allah. Marilah kita berlomba-lomba dalam bersyukur.

Sudahkah Kita Bersyukur Hari ini …. Alhamdulillahi rabbil Alamin

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.