LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pengertian Thaharah dan Macam-Macamnya

KeluargaSamawa.com – Setiap umat muslim yang hendak melaksanakan ibadah apapun kepada Allah swt, disyaratkan agar melakukannya dalam keadaan suci, baik itu dari hadats besar maupun hadats kecil. Dan bersuci itu sendiri memiliki beberapa aturan yang jelas dan benar yang harus diikuti oleh setiap muslim karena sifatnya adalah wajib. Nah, berkaitan dengan bersuci, berikut kami akan ulas informasi terkait thaharah dan seluk beluknya.

Pengertian Thaharah dan Macam-Macamnya

  • Pengertian Thaharah

Secara bahasa, thaharah ini berarti bersih serta membersihkan diri dari kotoran yang sifatnya adalah indrawi, misalnya najis, cacat atau aib. Sehingga makna bersih di sini adalah suatu kondisi dimana sesuatu bebas dari berbagai hal yang bisa membuatnya tampak tidak baik.

Sedangkan jika ditinjau dari segi istilah, thaharah ini berarti membersihkan diri, tempat, pakaian serta benda-benda lainnya baik dari najis maupun hadats sesuai dengan cara-cara yang telah ditentukan oleh syariat islam.

Thaharah atau bersuci di dalam islam ini sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan masalah bersih atau kotor, tetappi lebih diarahkan ke tujuan sahnya suatu ibadah. Tanpa melakukan bersuci yang benar sesuai dengan syariat, otomatis ibadah yang sah tidak akan terujud, karena suci dari najis dan hadats ini adalah syarat sah ibadah.

Pengertian Thaharah dan Macam-Macamnya

Pengertian Thaharah dan Macam-Macamnya

Yang menjadi dasar hukum dari thaharah ini adalah surat Al Maidah ayat 6 dan surat An-Nisa’ ayat 43. Sedangkan sarana bersuci yang bisa digunakan adalah air, batu, kayu, tanah atau debu serta benda padat lain yang juga suci sebagai pengganti air jika kita kesulitan menemukan air.

  • Macam-Macam Thaharah
  1. Wudlu

Wudlu merupakan pembersihan anggota badan tertentu dengan niat tertentu pula. Hukum wudlu ini ada dua, yakni wajib dan sunnah. Wajib bagi orang yangberhadats kecil maupun besar dan sunnah bagi orang yang hendak memperbaharui wudlunya baik itu setelah shalat maupun setelah dilakukannya mandi wajib.

Fardlunya wudlu ini ada enam, yakni niat, kemudian membasuh wajah, dilanjutkan dengan membasuh dua tangan hingga ke siku, dan diteruskan dengan mengusap sebagian kepala serta membasuh kedua kaki hingga ke mata kaki dan yang terakhir adalah tertib. Adapun membasuh telinga itu hukumnya adalah sunnah.

Baca juga : Inilah 7 Manfaat Wudhu yang Sebaiknya Anda Ketahui

  1. Mandi

Mandi merupakan mengalirkan air ke semua anggota badan dengan disertai niat tertentu. Beberapa hal yang mewajibkan seorang muslim untuk mandi ini adalah:

  1. Meninggal dunia
  2. Wiladah
  3. Nifas
  4. Haid
  5. Keluarnya air mani, serta
  6. Bertemunya dua kemaluan

Sedangkan  mengenai fardlunya mandi hanya ada 3, yakni niat, kemudian membersihkan najis-najis yang ada pada tubuh, kemudian mengalirkan air ke seluruh anggota tubuh. Namun, ada juga beberapa mandi yang disunahkan seperti mandi di hari jumat, mandi saat dua hari raya, mandi saat dua gerhana, mandi karena islamnya orang kafir dan juga mandi karena sembuhnya orang gila atau orang yang memiliki penyakit ayan.

  1. Tayammum

Tayammum berdasarkan bahasa bisa diartikan sebagai menyengaja. Namun, berdasarkan istilah, tayammum adalah mengusapkan debu pada bagian wajah serta kedua tangan dengan disertai oleh niat tertentu.

Baca juga : Makna 5 Rukun Islam yang Wajib Kita Ketahui

Nah, itulah diatas ulasan mengenai pengertian thaharah dan macam-macamnya, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.