LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pengertian Ta’aruf Dalam Islam

Pengertian ta’aruf dalam Islam secara bahasa adalah saling mengenal yang berasal dari kata ta’aarafa. Ini sendiri sudah ada di dalam Al Qur’an dengan menyimak firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang artinya, “Hai manusia sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan seorang wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal (ta’arofu).. (QS Al Hujurat ayat 13).

Kata li ta’aarafuu pada ayat ini bermakna sebenarnya tujuan penciptaan Allah adalah supaya kita dapat saling mengenal satu sama lain. Atau dapat diartikan upaya beberapa orang untuk mengenal beberapa orang lainnya. Setiap kita berkenalan dengan seseorang, entah dengan orang baru, sesama penumpang kendaraan umum, tetangga baru maka bisa disebut ta’aruf.

Pengertian Ta’aruf Dalam Islam

Pengertian Ta’aruf Dalam Islam

Ta’aruf jenis ini dianjurkan pada siapapun, khususnya sesama muslim untuk menjalin persaudaraan. Tentunya ada batasan yang wajib diperhatikan bila perkenalan tersebut terjadi antara 2 orang berlawanan jenis, pria dan wanita. Oleh karena itu di dalam pengertian ta’aruf dalam Islam ada anjuran mengenakan hijab untuk wanita muslimah. Selain menutupi tubuh dari pandangan pria bukan mahram, juga melindungi pergaulan dengan lawan jenis yang tak diperbolehkan syari’at.

Contoh pergaulan yang tak diperbolehkan syari’at adalah berduaan atau bercampur baur diantara beberapa orang berlawanan jenis pada suatu tempat, pergi bersama pria bukan mahram, dan beragam hal lainnya yang dilarang oleh syari’at. Kesemuanya tak secara otomatis menjadi halal dengan mengatasnamakan ta’aruf.

Ta’aruf atau berkenalan yang dianjurkan dalam agama Islam tetap berada pada batas-batas yang tak menyalahi aturan agama Islam itu sendiri. Misalnya saja dalam hal makan, minum, mengenakan pakaian saja Islam mempunyai aturan yang harus dipertahankan. Contohnya saja tak sembarangan makanan dan minuman itu halal, tak sembarang pakaian boleh untuk dikenakan. Maka untuk hal lainnya yang lebih kompleks tentu Islam mempunyai aturannya. Adab dalam perkenalan dan pergaulan juga mempunyai aturan yang wajib dicermati.

Lalu pada makna khusus, pengertian ta’aruf dalam Islam merupakan proses perkenalan seseorang pada seseorang lawan jenis lainnya yang hendak dipilih menjadi pasangan hidup. Namun sebagai suatu istilah ta’aruf tentu masih bebas nilai pengertiannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.