Pengertian Pasar Modal Syariah dan Segala Manfaatnya

0
195

Sebagaimana kita ketahui, kondisi pasar modal di Indonesi semakin menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Begitupun pasar modal syariah. Sejak peluncurannya tahun 2003 silam, pasar modal syariah sudah menjadi program yang resmi dan legal di Indonesia. Nah, sebelumnya, tahukah Anda apa itu pasar modal syariah, Bagaimana prinsip, dasar hukum, dan manfaatnya bagi umat Islam?

  • Pengertian Pasar Modal Syariah

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk yang beragama Islam. Dan muncul serta berkembangnya pasar modal syariah di negeri ini, tentu tak lepas dari dominasi penduduk kita yang kebanyakan beragama Islam.

Lantas, apa sebenarnya pengertian dari `pasar modal syariah? Pasar modal syariah adalah wadah atau tempat yang berfungsi untuk menjual dan membeli berbagai instrumen keuangan yang dapat digunakan dalam bentuk modal maupun utang.

Pengertian Pasar Modal Syariah dan Segala Manfaatnya
Pengertian Pasar Modal Syariah dan Segala Manfaatnya

Pasar modal syariah berbasis syariah atau sesuai dengan prinsip Islam. Hal inilah yang membedakannya dengan pasar modal pada umumnya. Para pelaku dalam pasar modal syariah adalah emiten, investor, perusahaan investasi, dan reksa dana.

Baca juga : Inilah Hukum Asuransi Syariah yang Harus Anda Ketahui

  • Prinsip Pasar Modal Syariah

Ada beberapa prinsip yang digunakan dalam pasar modal syariah. Pertama, adanya akad atau perjanjian yang jelas antara pemberi modal dengan pengelola modal. Kedua, pemberi modal maupun pengelola modal tidak diperbolehkan mengambil atau memberikan modal melebihi batas kemampuannya agar tidak menimbulkan kerugian yang tinggi yang dapat merugikan salah satu atau kedua pihak.

Ketiga, dalam pasar modal syariah, investasi ataupun pembiayan hanya dapat dilakukan jika usaha yang dilakukan termasuk usaha yang halal, bermanfaat, dan terjabarkan secara spesifik. Keempat, Setiap pemberi dana akan memperoleh keuntungan dari investasi yang dilakukannya melalui sistem bagi hasil di dalam pasar modal syariah.

Kelima, pemberi modal dan pengelola modal ditekankan untuk berhati-hati agar terhindar dari hal-hal yang buruk (kerugian, penipuan, dan lain-lain) dalam melakukan pasar modal syariah. Penggunaan uang sebagai nilai yang ditukar merupakan dasar dari pasar modal pada umumnya. Dengan ketentuan, mata uang yang digunakan adalah sama. Pada intinya, pasar modal syariah menekankan pada kejujuran, keadilan, dan kehalalan.

  • Dasar Hukum Pasar Modal Syariah

Dasar hukum dari pasar modal syariah sesuai dengan prinsip Islam, yaitu alquran dan hadits). Kemudian, dasar hukum dari pasar modal syariah tersebut diperkuat dengan 14 (empat belas) fatwa MUI mengenai pasar modal syariah dan 3 (tiga) Peraturan Bapepam dan LK mengenai efek syariah. Selain itu, ada pula UU Nomor 8 Tahun 1995 mengenai pasar modal, UU Nomor 19 Tahun 2008 tentang SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Artinya, program atau kegiatan pasar modal syariah sudah menjadi hal yang legal di Indonesia dan dilindungi keberadaannya.

  • Manfaat Pasar Modal Syariah

Pasar modal syariah mempunyai beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut.

  1. Menjadi wadah untuk berinvestasi secara syariah
  2. Menciptakan lapangan kerja
  3. Memberikan kesempatan atau peluang kepada perusahaan
  4. Membentuk persaingan yang jujur dan sesuai syariah
  5. Mengatur penyebaran kepemilikan perusahaan dengan baik

Baca juga : Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam

Berinvestasi di dalam sebuah pasar modal tentunya mempunyai risiko karena nilai investasi bersifat flukturatif. Dengan menggunakan prinsip syariah dalam penerapan pasar modal syariah, para pelaku pasar modal syariah dapat meningkatkan modal dan memperoleh kesempatan agar mendapat keuntungan dengan lebih adil tanpa merugikan banyak orang. Oleh karena itu, pasar modal syariah dapat menjadi solusi bagi umat Islam jika sudah memahami pengertian pasar modal syariah dan seluk-beluknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.