Pengertian Nikah Dalam Islam Dan Manfaatnya

2
14

Menikah merupakan sebuah perbuatan yang sangat dianjurkan dalam agama islam. Bahkan menikah dalam islam mendapatkan ganjaran pahala bagi siapa saja yang melakukannya. Oleh sebab itu, menikah sangat lah penting bagi agama mau pun kehidupan sosial. Dalam islam, nikah juga dikenal dengan istilah ziwaj.

Ada pun pengertian nikah dalam islam adalah terkumpul dan menyatu. Sebenarnya pengertian dari nikah atau ziwaj ini dibagi menjadi dua yakni secara hakiki dan secara majasi. Pengertian nikah atau ziwaj secara hakiki adalah kawin atau wathi’. Ada pun pengertian nikah atau ziwaj secara majasi adalah akad. Pengertian nikah secara hakiki mau pun majasi tersebut menimbulkan banyak perdebatan, sehingga para ulama menyepakati pengertian nikah sebagai akad Ijab Qobul yang menghalalkan hubungan antara seorang laki-laki dan perempuan.

Pengertian Nikah Dalam Islam Dan Manfaatnya
Pengertian Nikah Dalam Islam Dan Manfaatnya

Setelah anda mengetahui pengertian nikah dalam Islam, anda juga perlu mengetahui beberapa manfaat dari pernikahan. Ada pun, manfaat dari menikah dapat dilihat dari segi psikologi, sosiologi, dan kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat pernikahan.

  • Manfaat dari segi psikologis

Dari segi psikologis, pernikahan memberikan manfaat berupa dapat menyalurkan kebutuhan biologis dan menentramkan hati, untuk kebahagiaan dan rahmat, serta mampu menimbulkan rasa tanggung jawab. Dengan menikah, orang tidak akan merasakan kesepian dan bisa menyalurkan naluri seksualnya dengan cara dan orang yang tepat. Selain itu, menikah juga bisa memberikan rasa bahagia karena rasa nyaman dapat selalu bersama dengan orang yang disayangi. Rasa tanggung jawab juga bisa timbul dari menikah apa lagi setelah memiliki anak.

Baca juga : Tentang Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

  • Manfaat dari segi sosiologi

Apa bila dilihat dari segi sosiologi, pernikahan memberikan manfaat berupa dapat memelihara kemurnian keterununan, dapat menjamin ketertiban dalam masyarakat dan kesehatan mental. Dengan menikah, anda pastinya akan memiliki pasangan halal yang tidak akan diganggu oleh orang lain sehingga mampu menimbulkan ketertiban dalam masyarakat.

  • Manfaat dari segi kesehatan

Jika ditinjau dari segi kesehatan, maka dapat diketahui bahwa manfaat dari pernikahan adalah akan membuat umur menjadi lebih panjang, dan dapat menyalurkan kebutuhan biologis dengan baik, serta dapat menghindarkan dari berbagai penyakit kelamin yang berbahaya. Apa bila anda menikah, maka anda hanya akan berhubungan dengan pasangan anda. Dengan begitu, kemungkinan untuk terkena penyakit kelamin yang menular dan berbahaya pun akan berkurang.

Baca juga : Apakah Pernikahan Beda Agama Di Perbolehkan Dalam Islam?

Selain itu, manfaat lainnya yang bisa dirasakan setelah menikah adalah bisa mendapatkan doa dari anak shaleh dan juga syafaat dari anak. Ada pun terdapat dasar-dasar pernikahan dalam Islam. Dimana dasar-dasar pernikahan dalam Islam tersebut meliputi dalil-dalil naqli, yang terdapat dalam Al- Qur’an dan Hadis. Demikian penjelasan tentang pengertian nikah dalam Islam dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.