LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pengertian Dekadensi Moral Serta Cara Mengatasinya

Pengertian Dekadensi Moral – Sebagaimana yang kita ketahui, moral atau perilaku merupakan suatu hal yang perlu dijaga, terlebih oleh para generasi muda. Karena faktanya, sekarang ini, moral generasi muda sedang mengalami penurunan atau yang bisa disebut dengan dekadensi moral.

Nah, tahukah anda apa pengertian dekadensi moral? Perlu diketahui, dekadensi moral bisa dibilang bentuk perubahan sosial yang dimana kebanyakan moral penerus bangsa sedang mengalami kemunduran atau perubahan yang jatuh.

Coba saja Anda lihat disekitar, moral yang dimiliki generasi penerus bangsa jauh sekali dari apa yang diajarkan oleh nenek moyang zaman dahulu. Seperti halnya perubahan pada sifat seseorang, perubahan moral juga terjadi karena pengaruh suatu dan lain hal. Dan untuk generasi kita, perubahan moral itu sendiri banyak terjadi akibat adanya pengaruh budaya asing yang diterima secara mentah-mentah.

Pengertian Dekadensi Moral

Pengertian Dekadensi Moral

Memang, tidak dipungkiri, banyak pengaruh asing yang berdampak positif, seperti misalnya terkait teknologi dan sejenisnya. Yang mana dengan kehadiran teknologi-teknologi canggih tersebut banyak kemudahan dan keuntungan yang dirasakan masyarakat.

Teknologi luar yang memicu dekadensi moral

Tak dipungkiri, salah satu teknologi canggih yang banyak andil dalam peningkatan dekadensi moral yaitu internet dan TV. Sekarang ini, semua orang, bahkan anak-anak sekalipun, dapat mengakses internet dengan mudahnya. Mereka bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, lebih mirisnya lagi tanpa pengawasan orang tua.

Baca juga : Kewajiban Orang Tua kepada Anak dalam Islam

Banyak anak muda yang mudah terpengaruh dengan apa yang bisa mereka temukan di internet. Mereka bebas keluar masuk situs-situs terlarang atau mengikuti trend hingga banyak sekali anak-anak yang terjerumus dengan pergaulan bebas. Tak hanya pergaulan bebas saja, sekarang ini ada banyak lagi contoh dekadensi moral yang banyak terjadi, diantaranya:

  • Pemerkosaan dan pencabulan
  • Korupsi
  • Tawuran
  • Narkoba dan miras

Cara Mengatasi Dekadensi Moral

Jika Anda tidak ingin anak Anda ikut terjerumus dalam dekadensi moral. Anda harus mengambil peran. Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi dekadensi moral yang, yaitu:

  1. Anda harus mengawasi, memperhatikan dan mengarahkan anak. Seorang anak memerlukan pengawasan, perhatian juga pengarahan dari orang tua masing-masing. Ingatlah, mereka masih belum mengerti apa yang mereka lakukan itu benar atau salah. Oleh karena itu, didik dan tuntunlah mereka untuk bisa mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan.
  2. Berikanlah pendidikan karakter. Sebelum anak Anda masuk sekolah, ada baiknya jika Anda juga sudah memberikan pendidikan moral pada mereka. Anda bisa mengajarkan mereka bagaimana caranya bersikap sopan, ramah, toleransi, dan nilai-nilai budi pekerti luhur lainnya.
  3. Penegakan hukum yang seadil-adilnya. Salah satu masalah di Indonesia yang hingga kini masih belum terselesaikan yaitu mengenai hukum. Di Indonesia sendiri, bisa dibilang, hukum yang berlaku masih sangat lemah,

Mengapa? Sebenarnya, hukum ditegakkan untuk memberikan keadilan, namun sayangnya sekarang hukum bisa dibeli. Ketika ada seseorang yang dihukum dan mereka memiliki banyak uang, mereka bisa membelinya dengan begitu semua tuntutan yang diajukan tidak berlaku. Jika saja hukum berlaku setegas-tegasnya, dekadansi moral ini dapat berkurang.

  1. Tingkatkanlah pendidikan agama dan moral. Di Indonesia terdapat beragam agama yang hidup satu dalam tentram dan damai. Sikap toleransi terhadap orang yang berbeda agam sangatlah dianjurkan.

Tak hanya sikap toleransinya saja, Anda juga harus menanamkan pendidikan agama dan juga moral agar mereka tidak terjerumus dalam dekadensi moral. Setiap agama mengajarkan semua hal positif dan melarang hal-hal negatif.

Baca juga : Apa yang Dimaksud Pendidikan Karakter, Apa Manfaatnya?

Nah, diatas adalah penjelasan mengenai pengertian dekadensi moral dan cara mengatasinya. Saran kami, jagalah anak Anda sebaik mungkin dari segala macam dekadensi moral yang sedang marak belakangan ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.