LiburanLiburan Asik !!

Pengertian dan Keuntungan Asuransi Syariah Bagi Umat Muslim

KeluargaSamawa.com – Dalam beberapa tahun terakhir ini, eksistensi asuransi syariah sepertinya terus meningkat. Terlebih melihat kondisi masyarakat kita yang mayoritas beragama Islam, tentu hal ini tidaklah mengherankan. Demi menghindari praktek riba yang dimungkinkan terjadi pada institusi konvensional, memang alternativ terbaik saat ini, khususnya bagi para muslim, adalah dengan mempercayakan pengelolaan keuangan pada institusi berbasis syariah.

Dan bak gayung bersambut, sekarang ini hampir semua perusahaan asuransi, ataupun bank, selalu menghadirkan produk yang berbasis syariah, jadi masyarakat bisa lebih leluasa memilih, mana perusahaan yang paling aman dan paling menguntungkan.

Nah, bicara mengenai asuransi syariah, pada kesempatan ini kami akan bagikan ulasan terkait pengertian serta keuntungan asuransi syariah. Khususnya bagi anda yang belum familiar dengan hal tersebut, sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

  • Pengertian Asuransi Syariah :

Asuransi syariah merupakan sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi berupa aset dan atau tabarru’ dengan pola pengembalian untuk menghadapi suatu resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Pengertian asuransi syariah di atas adalah pengertian yang disampaikan oleh Dewan Syariah Nasional.

Pengertian dan Keuntungan Asuransi Syariah Bagi Umat Muslim
Pengertian dan Keuntungan Asuransi Syariah Bagi Umat Muslim

Dengan pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwasanya asuransi syariah ini adalah suatu sistem pengelolaan keuangan dimana para peserta yang terlibat di dalamnya mendonasikan sebagian atau bahkan seluruh preminya untuk digunakan membayar klaim pada musibah yang tengah dialami oleh sebagian peserta lainnya.

  • Keuntungan Asuransi Syariah :

Adapun keuntungan dari asuransi syariah ini antara lain:

  1. Halal

Sebagai umat muslim, kehalalan suatu produk adalah sesuatu yang harus kita pastikan sebelum kita memutuskan menggunakan produk tersebut. Ini adalah hal mutlak yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah banyak dalil yang menegaskan akan hal ini.

  1. Bisa Melakukan Double Claim

Keuntungan asuransi syariah yang kedua adalah memungkinkan kita untuk mengajukan double claim. Contoh, Anda tertarik untuk memanfaatkan perlindungan masalah biaya rawat inap rumah sakit yang ditujukan untuk seluruh anggota keluarga.

Jika asuransi ini menggunakan cashless atau kartu, maka itu artinya satu polis sudah bisa digunakan oleh semua anggota keluarga yang otomatis preminya lebih murah.

Baca juga : Hukum Islam jika tidak Membayar Hutang

  1. Kasus Terlambat Membayar

Jika kemudian Anda sebagai peserta ternyata mengalami keterlambatan saat membayar, proteksi dana Anda akan tetap dan tidak akan berubah, karena pihak asuransi syariah sendiri tidak akan mengotak atik keamanan dana Anda tersebut saat Anda terlambat membayar preminya sesuai dengan akad yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

  1. Hasil Investasi yang Optimal

Keuntungan lain dari asuransi syariah adalah hasil investasinya lebih optimal, mengapa? Karena instrumen investasi syariahnya telah beragam sehingga otomatis tingkat pengembalian investasi pun bisa lenih optimal. Dan jika Anda menginvestasikan sejumlah dana, hasil investasi ini akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Anda menabung dengan sistem deposito.

  1. Tidak Ada Kemungkinan Dana untuk Hangus

Keuntungan asuransi syariah yang paling penting adalah dana Anda tidak akan hangus, berbeda halnya dengan asuransi konvensional. Anda tetap bisa mendapatkan kembali dana Anda tersebut meskipun sebenarnya belum jatuh tempo. Contoh sederhanaya adalah Anda tiba-tiba mengalami sesuatu hal yang mengharuskan Anda mencairkan dana asuransi itu, maka pihak asuransi syariah tetap bisa mengabulkannya. Ini adalah keuntungan yang paling ditonjolkan oleh asuransi syariah demi menarik calon nasabah.

Baca juga : Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam

Itu dia pengertian dan keuntungan asuransi syariah yang bisa kami bagikan kepada Anda. Dilihat dari pengertian serta berbagai keuntungan di atas, sekarang Anda sudah yakin bukan untuk memilih produk asuransi ini?.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.