LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pelajari 7 Pertanyaan Wawancara Yang Sering Muncul Saat Interview Kerja

Sedang menunggu panggilan interview kerja? Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu tahapan utama yang dapat menentukan apakah seseorang diterima atau tidak di suatu perusahaan. Banyak orang yang mengalami kegagalan pada tahap ini karena tidak mampu menjawab pertanyaan wawancara yang diajukan dengan baik dan benar.

Tips wawancara kerja

Seorang pelamar yang tidak mampu menghadapi proses wawancara dengan baik maka sudah dipastikan tidak bisa lolos pada tahap selanjutnya. Meskipun orang tersebut memiliki kemampuan dan keahlian yang tinggi namun bukan jaminan bisa diterima di perusahaan dengan mudah. Bagi Anda yang saat ini sedang menunggu panggilan interview, berikut pertanyaan yang sering ditanyakan HRD di perusahaan.

Baca juga : Hindari 11 kesalahan bahasa Tubuh saat wawancara Kerja

Daftar Pertanyaan Wawancara Yang Sering Muncul

Bisakah Anda Menceritakan Tentang Diri Anda?

Sekilas pertanyaan diatas terkesan sederhana dan mudah, namun perlu Anda ketahui bahwa pertanyaan ini ternyata sangat penting bagi HRD untuk mengetahui tentang profil diri Anda. Intinya ketika Anda mendapatkan pertanyaan diatas Anda hanya perlu memberikan informasi-informasi dengan tegas dan menarik alasan mengapa Anda layak untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Anda bisa memulai dengan menyebutkan 2 atau 3 pengalaman terbaik Anda, pencapaian terbaik dan akhiri dengan pengalaman terkini, seperti status terbaru , pekerjaan atau jabatan yang Anda duduki saat ini.

Alasan Mengapa Kami harus Menerima Anda?

Pertanyaan wawancara yang sering muncul adalah Anda diminta untuk memberikan alasan mengapa harus mempekerjakan Anda di perusahaannya. Mungkin Anda menganggap pertanyaan ini sangat lugas, namun Anda perlu tahu jika Anda mendapatkan pertanyaan seperti tersebut maka ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki.

Dalam menjawab pertanyaan nomor 2 ini, pastikan  untuk memasukkan 3 unsur penting ini, yaitu kamu bisa beradaptasi dengan tim dan budaya kerja dengan mudah, tidak hanya bekerja Anda juga harus mampu meyakinkan bahwa Anda mampu memberikan yang terbaik untuk perusahaan dan terakhir tunjukkan bahwa Anda merupakan kandidat terbaik saat ini.

Sebutkan Kelebihan Anda?

Jika Anda mendapatkan pertanyaan ini saat interview, maka Anda perlu menjawabnya dengan akurat dan sejujurnya. Pastikan untuk menyebutkan kelebihan yang relevan dengan jabatan yang akan Anda lamar dan berikan jawaban yang sifatnya lebih spesifik.

Sebutkan Kelemahan Yang Anda miliki?

Sebagian besar orang akan mudah memberikan jawaban jika di minta untuk menyebutkan kelebihan yang dimiliki. Namun bagaimana jika dalam interview ada pertanyaan tentang kelemahan yang dimiliki. Anda hanya perlu mengatakan dengan sebenar-benarnya. Perlu Anda ketahui bahwa tujuan HRD memberikan pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui tingkat kejujuran para pelamar.

Bagaimana Anda Melihat Karier Anda 5 Tahun Lagi?

Tujuan utama HRD memberikan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah Anda termasuk orang yang memiliki ekspektasi yang masuk akal. Oleh karena itu Anda hanya perlu memberikan jawaban yang sejujurnya dan masuk akal.

Berapa Gaji yang Anda harapkan?

Bagi sebagian besar orang merasa bingung jika dihadapkan dengan pertanyaan saat wawancara yang satu ini. Banyak orang yang bingung karena belum menyiapkan atau mengetahui kisaran gaji untuk posisi yang akan dilamar.

Oleh karena agar memudahkan dalam menjawab pertanyaan, sebaiknya Anda melakukan persiapan dengan mencari tahu soal kisaran gaji untuk posisi yang akan Anda lamar nanti.

Baca juga : Tips menjadi karyawan Teladan

Apakah Ada pertanyaan?

Pertanyaan terakhir sebelum di tutup adalah HRD menanyakan kepada Anda apakah Anda mempunyai pertanyaan untuk diajukan. Di kesempatan ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang perusahaan dan posisi atau jabatan yang Anda inginkan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan itu.

Itulah 7 Pertanyaan Wawancara yang sering HRD tanyakan pada saat interview kerja. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi seluruh rangkaian dalam tahapan interview kerja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.