Pelajari 5 Tips Hemat Belanja Online Tanpa Menguras Gaji

0
8

Abad 21, sebuah abad dimana banyak orang menggunakan kecanggihan teknologi yang tersedia. Dimulai dari remaja sampai usia tua, semua mengambil kesempatan emas baik untuk bisnis online maupun belanja online. Tidak hanya satu atau dua toko online saja namun hampir lebih dari 100 toko online yang sedang menikmati kesempatan emas untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

tips belanja hemat

Sebuah studi yang dilakukan oleh Forrester melaporkan bahwa pada saat-saat liburan atau hari-hari besar, konsumen yang cenderung melakukan belanja secara online meningkat. Tanpa disadari kebiasaan berbelanja online tersebut menjadi penyebab terbesar mengapa pendapatan cepat habis. Untuk menghindarinya berikut ini beberapa Tips Hemat Belanja Online yang bisa Anda terapkan.

Baca juga : Tips mengatur keuangan pada keluarga

Tips Hemat Belanja Online Dengan Hemat, Cermat, dan Aman

Buat Daftar Belanja

Cara berbelanja online yang hemat pertama yaitu membuat daftar belanja. Cara ini akan membantu Anda mengetahui seberapa batasan belanja dan mendorong Anda membeli barang yang dibutuhkan. Selain itu daftar belanja juga bisa mengendalikan pengeluaran dan mencegah Anda untuk membeli barang-barang yang hanya sebatas keinginan.

Dalam membuat list belanja, Anda harus benar-benar memperhatikan barang yang dibutuhkan, pastikan untuk membeli barang yang dibutuhkan atau diinginkan. Sehingga dengan cara seperti ini Anda bisa menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan dan dengan membuat daftar belanja tanpa disadari akan lebih menghemat gaji Anda.

Buat Jadwal Dan Anggaran Belanja

Tips Hemat Belanja Online lain agar Anda bisa berbelanja online tanpa  harus menguras gaji adalah dengan membuat jadwal dan anggaran belanja. Susunlah jadwal belanja Anda pada waktu tertentu, misalnya pada awal bulan atau maksimal sebulan dua kali. Selain itu, tetapkanlah anggaran belanja yang akan digunakan untuk belanja.

Anggaran tersebut harus Anda patuhi aturannya, meskipun ada promosi besar-besaran alangkah baiknya jika Anda menutup mata dan fokus pada aturan yang sudah dibuat. Belanja on budget juga akan menyelamatkan Anda dari belanja barang-barang yang tidak diperlukan, seperti kebiasaan belanja yang berlebihan.

Cek Toko Sebelah

Untuk bisa berbelanja online tanpa harus menguras gaji adalah ada baiknya jika Anda lebih selektif dalam memilih toko online. Tidak ada salahnya jika Anda juga mengecek toko online lainnya untuk membantu Anda melakukan perbandingan harga. Jika Anda menemukan toko lain yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas barang yang tidak beda jauh, maka Anda bisa mencobanya.

Hati-Hati Pada Obral Dan Diskon

Berbelanja dengan barang yang di obral dan diskon dapat menguntungkan Anda, karena bisa hemat belanja online tanpa menguras gaji dan  harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari pada biasanya, akan tetapi kebanyakan orang sering terjebak dengan iming-iming diskon. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli barang tersebut, pastikan barang yang akan Anda beli adalah barang yang dibutuhkan.

Baca juga : Usaha yang cocok ketika pensiun

Jangan Takut Beli Barang Pre-Order

Tips Hemat Belanja Online terakhir yaitu membeli barang Pre-Order. Saat ini, ada banyak sekali online shop ataupun garage sale yang menawarkan barang-barang bekas yang masih dalam kondisi bagus. Mulai dari pakaian, alat rumah tangga, aksesoris, gadget dan lain-lain.

Dengan membeli barang Pre-Order Anda juga bisa memperoleh barang yang berkualitas dengan kualitas bagus dengan harga miring. Anda hanya butuh sedikit kemampuan untuk memilih barang pre-order yang masih dalam kondisi baik sehingga Anda bisa belanja online tanpa harus menguras gaji Anda.

Demikian tadi sedikit informasi tentang Tips Hemat Belanja Online dengan mudah dan aman. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam berbelanja online dengan hemat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.