LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pantai Tanjung Ringgit, Potret Kecantikan Alam di Ujung Lombok

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lombok tanpa mengeksplor keindahan alam, terutama pesona pantainya. Dan salah satu destinasi wisata yang berada di ujung Lombok, yang sangat rekomended untuk dikunjungi adalah Pantai Tanjung Ringgit. Tak seperti Senggigi ataupun Gili Trawangan, pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga, kealamian dan keaslian alamnya masih sangat terjaga.

Lokasi Pantai Tanjung Ringgit dan Kondisi Geografisnya

Pantai Tanjung Ringgit berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur sejauh kira-kira 85 kilometer dari Kota Mataram. Sedangkan kondisi geografisnya berupa perbukitan dan tebing karst. Di sepanjang destinasi wisata ini Anda akan menjumpai perbukitan karst yang tentunya bisa jadi objek fotografi yang indah.

Airnya yang jernih dengan gradasi biru muda dan tua akan memanjakan mata Anda. letaknya yang jauh dari pusat kota membuat Anda dapat menikmati keaslian alam dan udara yang bersih di pantai ini. Selain itu, keasriannya yang belum diketahui banyak orang membuat pantai ini seolah jadi pantai pribadi Anda.

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit

Akses Menuju Pantai Tanjung Ringgit

Sampai saat ini, untuk menuju Pantai Tanjung Ringgit Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan baik itu mobil atau sepeda motor karena belum tersedianya angkutan umum untuk menuju kesana.

Rute menuju lokasi wisata bisa dilalui mulai dari Kota Mataram – Praya – Kecamatan Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit. Anda tak perlu khawatir karena akses jalan menuju ke Tanjung Ringgit sudah baik. Jika sudah sampai di Pantai Tanjung Ringgit, Anda akan menjumpai mercusuar.

Jika Anda sebelumnya pernah mengunjungi Pantai Pink, maka Pantai Tanjung Ringgit letaknya tak jauh dari sana. Hanya berjarak sekitar 1 kilometer dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, birunya perairan akan memanjakan mata Anda. ditambah lagi dengan deretan tebing karst yang semakin menambah pesona keindahannya. Dijamin, dengan spot foto seperti itu, hasil jepretan Anda tak akan mengecewakan.

Gunakan sepatu yang aman jika saat menyusuri tebing karena permukaannya yang cukup tajam dan tidak rata sehingga akan membuat kaki tidak nyaman jika alas yang dipakai tak sesuai. Utamakan keamanan dan keselamatan saat Anda hendak berswafoto atau foto bersama.

Baca juga : Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berlibur Bersama Keluarga

Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Ringgit

Selain menikmati keindahan pantainya, Anda juga bisa menikmati objek lain di sekitar Pantai Tanjung Ringgit ini. Beberapa potensi wisata yang bisa dikembangkan di lokasi ini antara lain:

  • Meriam Jepang. Meriam ini terletak agak tersembunyi di balik semak-semak. Meriam ini sebagai saksi bisu sejarah bahwa lokasi pantai ini pernah diduduki Jepang saat masa penjajahan. Meriam ini mengahadap ke Samudera yang menandakan bahwa tempat ini dulunya menjadi salah satu benteng pertahanan Jepang dari musuhnya.
Meriam Jepang

Meriam Jepang

  • Mercusuar. Ada satu mercusuar yang dapat Anda jumpai di sekitar wilayah pantai. Jika mercusuar ini dirawat dan dikelola dengan baik, maka bisa menjadi spot wisata menarik karena pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Tanjung Ringgit dari ketinggian dengan sudut 360 derajat.
Mercusuar

Mercusuar

  • Tebing Karst. Tebing yang menjulang di sisi pantai merupakan pemandangan yang unik sekaligus indah. Anda bisa ber-selfie ria sembari menikmati keindahan pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pastikan agar Anda selalu mengutamakan keselamatan saat berfoto.
Tebing Karst

Tebing Karst

Baca juga : Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok

itulah diatas review seputar Pantai Tanjung Ringgit di Lombok. Keindahan alam Indonesia merupakan kekayaan luar biasa yang harus dijaga oleh semua penduduknya. Kebersihan dan keasrian wajib dijaga agar timbul suasana nyaman bagi semua pihak. Selamat berlibur, dan jangan buang sampah sembarangan ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.