Panduan Lengkap Mengenai Tata Cara Shalat Tahajud

0
230

Bagi umat muslim tentunya sudah familiar dengan amalan sunah ini. Meski hanya sunnah, nyatanya keutamaan shalat Tahajud sangatlah besar. Terbukti, dari banyak riwayat disebutkan jika Nabi Muhammad selalu menjalankan ibadah sunnah ini, bahkan setiap hari.

Nah, untuk anda umat muslim, yang belum tahu bagaimana tata cara shalat tahajud, tentunya sangat disayangkan. Untuk itu, kali ini saya akan membagikan panduan lengkap melaksanakan shalat Tahajud, yang bisa anda pelajari. Silahkan disimak.

Kapan Waktu dikerjakannya shalat tahajud ?

Sebenarnya, shalat tahajud dapat dikerjakan kapanpun setelah shalat isya’ sampai menjelang shubuh dengan syarat kita sudah tidur sebelumnya. Namun, waktu yang paling dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir. Jika dalam waktu Indonesia, sekitar jam 2 pagi hingga menjelang shubuh. Waktu-waktu tersebut adalah saat dimana do’a mudah diijabah oleh Allah SWT. InsyaAllah..

Jumlah Rakaat Shalat Tahujud

Jumlah Rakaat paling sedikit ketika melaksanakan shalat tahajud adalah 2 rakaat satu kali salam sedangkan batas maksimalnya adalah sebanyak mungkin sesuai dengan kemampuan pengamalnya. Rasulullah sendiri sering berbeda jumlah dalam melakukan shalat tahajud. Beliau pernah melaksanakan tahajud 8 rakaat dengan 3 kali witir, shalat tahajud 8 rakaat dengan 1 kali witir atau 10 rakaat tahajud dengan 1 kali witir.

Baca juga :  6 Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan
Manfaat Shalat Tahajud untuk Kesehatan

Sholat Tahajud Sebaiknya sendiri atau berjamaah ?

Dikutip dari republika, seorang ulama bernama Syeh al-Batini mengemukakan pendapat bahwa sholat tahajud yang dilakukan secara berjamaah berdasarkan ulasan fiqih klasik disebut dengan ta’qib yang bermakna melaksanakan sholat sunnah berjamaah diluar sholat tarawih pada bulan ramadhan.

Menurut madzhab imam Hanafi, hukumta’qib tersebut merupakan makruh (boleh dilakukan namun sebaiknya ditinggalkan). Sesuai pula dengan pendapat Ibnu Muflih yang menyatakan bahwa sholat sunnah itu hendaknya dilaksanakan secara berjamaah sekali saja. Maksudnya, ketika anda sudah melakukan sholat tarawih berjamaah dan akan melakukan sholat tahajud, maka sebaiknya lakukan sendiri saja. Pendapat yang kurang lebih sama juga disampaikan oleh Ibnu Najim dalam kitab Al –Bahr Ar-Raiq Kanz Daqaid serta kitab Bada’i as-shana’i fi tartib as-syara’i oleh Al- Kasani.

Tata Cara Sholat Tahajud

  1. Telah suci dari hadast besar maupun hadast kecil (lebih baik mandi terlebih dahulu serta berwudhu)
  2. Membaca niat shalat tahajud dan menghayati arti niat dalam hati. Niatnya adalah :
Niat shalat tahajud
Niat shalat tahajud

Yang artinya : “ Aku berniat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala”.

  1. Mengucapkan takbir (Takbiratul Ikhram) sambil mengangkat kedua tangan seperti sholat pada umumnya.
  2. Membaca do’a iftitah. Namun poin ini bersifat sunnah dan tidak wajib dilakukan.
  3. Membaca surat Al fatihah.
  4. Membaca surat pendek. Dianjurkan surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan 3x surat Al Ikhlas pada rakaat kedua.
  5. Melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud dengan bacaan yang sama seperti shalat pada umumnya.
  6. Lakukan poin 3-7 pada rakaat kedua.
  7. Seusai salam disunnahkan membaca wirid, memperbanyak sholawat, istighfar dan terakhir membaca do’a sholat tahajud. Do’a shalat tahajud sendiri sebenarnya tidak memiliki ketentuan wajib, namun Rasulullah SAW sering melafalkan do’a dibawah ini seusai shalat tahajud :
  8. Setelah membaca do’a sholat tahajud, anda dapat melanjutkan dengan do’a lain yang ingin anda panjatkan. Berdo’alah disaat saat tahajud karena merupakan waktu do’a mudah iijabah oleh Allah SWT.
do’a sholat tahajud
do’a sholat tahajud

 

Baca juga :  Panduan Lengkap Mengenai Tata Cara Melaksanakan Shalat Dhuha

Nah itulah tadi ulasan yang bisa saya bagikan terkait tata cara melaksanakan shalat tahajud. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.