LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Obyek Wisata Waduk Sidodadi Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kota besar di Jawa timur. Kota ini tak hanya menjadi kabupaten yang paling timur di Pulau Jawa, tempat ini juga kaya akan destinasi wisata menarik yang patut anda kunjungi. Salah satunya adalah obyek wisata Waduk Sidodadi Glenmore.

Daya Tarik Obyek Wisata Waduk Sidodadi Glenmore

Bicara soal obyek wisata yang ada di Banyuwangi memang tak akan ada habisnya. Dengan kondisi geografis yang mendukung, maka tak heran bila hampir semua obyek wisata yang ada di kabupaten ini selalu mampu menarik perhatian para wisatawan yang haus akan tempat-tempat dengan lanskap pemandangan menakjubkan. Tak hanya berkutat pada wisata pantai maupun air terjunnya saja, ternyata Kota Banyuwangi juga memiliki sebuah waduk yang kini sudah diresmikan sebagai destinasi tempat wisata.

Waduk Sidodadi merupakan sebuah waduk yang berloksi di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Meskipun keberadaannya masih tergolong baru, namun jangan salah karena Waduk Sidodadi selalu ramai didatangi oleh para wisatawan, baik pada hari-hari biasa maupun ketika weekend dan libur nasional.

Obyek Wisata Waduk Sidodadi Banyuwangi

Obyek Wisata Waduk Sidodadi Banyuwangi

Mulanya pembuatan dari Waduk Sidodadi akan difungsikan sebagai saluran irigasi bagi perkebunan tebu milik PTPN XII. Namun karena tempat ini memiliki kondisi alam yang cukup menarik dan indah, pihak pengelola akhirnya menjadikan Waduk Sidodadi sebagai salah satu destinasi wisata bernuansa alam yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Berbeda dari kebanyakan waduk pada umumnya, Waduk Sidodadi memiliki bentuk yang terbilang cukup unik, yakni pada sekeliling tepiannya membentuk lekukan-lekukan sehingga tercipta gundukan layaknya pulau-pulau kecil. Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat sekumpulan tanaman dan pepohonan rimbun yang mengitari sekeliling lokasi, membuat suasana di Waduk Sidodadi semakin terasa asri dan menyejukkan mata.

Meskipun pada siang hari obyek wisata ini terasa sedikit panas, namun dengan adanya pohon-pohon tersebut setidaknya dapat menjadi tempat berteduh bagi para wisatawan. Tak hanya sekedar berjalan-jalan saja, di tempat wisata ini anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Nah berikut diantaranya:

  1. Bersantai dengan orang-orang terdekat sambil menikmati pemandangan sekeliling

Dengan kondisi alamnya yang indah serta suasana yang menyenangkan, obyek wisata Waduk Sidodadi Glenmore memang amat cocok dijadikan sebagai tempat melepas lelah serta menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Nah, salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa anda lakukan di sini adalah bersantai bersama orang-orang terdekat sembari menikmati pemandangan yang ada.

  1. Menelusuri danau dengan perahu

Bagi yang mau menelusuri danau, anda bisa menyewa perahu yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Ada juga wahana permainan air berbentuk bebek-bebekan yang bisa dikayuh bila ingin menjalankannya. Hal ini tentu saja akan menjadi momen yang menyenangkan bila anda melewatkannya bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat. Apalagi harga sewa untuk seluruh fasilitas pendukung seperti ini tergolong murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan.

wahana permainan air berbentuk bebek-bebekan

wahana permainan air berbentuk bebek-bebekan

  1. Area sirkuit bagi yang ingin main kebut-kebutan

Pihak pengelola dari Waduh Sidodadi juga menyediakan sebuah area sirkuit resmi di dalam lokasi. Sehingga bagi anda yang punya gemar kebut-kebutan bisa menyalurkan hobi yang dimiliki di tempat yang lebih aman.

Baca juga : Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti, Pesona Eksotis Lombok Timur

  1. Menjajal permainan flying fox

Untuk anda yang suka akan aktivitas seru dan bisa menguju adrenalin, di sini juga terdapat permainan flying fox dengan spot pendaratan yang berakhir di sebuah pulau kecil yang lokasinya terletak di tengah-tengah waduk. Bagaimana? Asyik sekali, bukan?

  1. Hunting foto cantik

Salah satu spot terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen liburan anda di Waduk Sidodasi Glenmore adalah jembatan gantung yang lokasinya berdekatan dengan spot pendaratan flying fox. Spot ini juga merupakan salah satu spot favorit bagi kebanyakan wisatawan, berhubung di sini memiliki view pemandangan Waduk Sidodadi yang menawan.

Lokasi Waduk Sidodadi Glenmore

Untuk bisa menjangkau destinasi wisata yang satu ini tidak terlalu sulit kok. Berhubung lokasinya hanya sekitar 2 km saja dari Jalan Lintas Selatan arah Banyuwangi-Jember.

Fasilitas

Fasilitas di Waduk Sidodadi terbilang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, rumah makan, musola, sampai area parkir tersedia di sana.

Tiket masuk

Bagi anda yang berminat datang ke sini, biaya yang dibebankan sangatlah murah karena setiap wisatawan yang berkunjung hanya perlu membayar tiket masuk dan biaya parkir masing-masing sebesar 2000 rupiah saja. Sementara untuk tarif wahana permainan flying fox sebesar 10 ribu, menyewa perahu 3000, ATV yang bisa menampung 2 orang dikenakan tarif sebesar 50 ribu untuk 2 kali putaran, dan ATV yang muat 2 sampai 4 orang dikenai tarif 60 ribu rupiah.

Baca juga : Pesona Pantai Baron Jogja yang Memikat Mata

Jam Operasional

Karena obyek wisata Waduk Sidodadi Glenmore buka setiap hari selama 24 jam, tentunya siapapun bisa datang berkunjung, entah itu saat pagi, sore hari atau malam hari. Saran kami, bagi anda yang tak suka suasana yang terlalu ramai sebaiknya berkunjung pada hari senin sampai kamis. Karena ketika akhir pekan tempat ini akan dipadati oleh para wisatawan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.