RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti, Pesona Eksotis Lombok Timur

Lombok memang terkenal memiliki alam yang begitu indah dengan jumlah objek wisata yang tak ada habisnya. Mulai dari pantai, goa, air terjun, gili, dan tentu saja wisata gunung yang sangat populer, yakni Gunung Rinjani. Nah, bicara tentang gunung Rinjani, di sana ada beberapa air terjun yang menyejukkan sekaligus mempesona. Salah satunya adalah air terjun Mangku Sakti yang letaknya cukup tersembunyi, dari kaki gunung Rinjani.

  • Lokasi Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti
WELCOME to Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti

WELCOME to Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Jaraknya dari pusat Kota Selong cukup jauh yakni sekitar 50 km melewati jalur perbukitan Sembalun dengan medan yang cukup terjal.

Sedangkan jika mengambil jalur pantai timur ke arah utara melalui Kecamatan Sambelia jaraknya lebih jauh, yaitu 100 km dengan medan landai. Masyarakat sekitar menyatakan bahwa air terjun ini konon dijadikan tempat bertapa oleh orang-orang sakti, maka dinamakan Air Terjun Mangku Sakti.

  • Akses Menuju Air Terjun Mangku Sakti

Perjalanan menuju Air Terjun Mangku Sakti dapat ditempuh sekitar 40 menit menit dari pusat Kecamatan Sembalun menggunakan sepeda motor. Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu untuk pengendara motor dan Rp 20 ribu untuk pengendara mobil sebagai biaya retribusi karena objek wisata ini dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Tentunya, nominal tersebut tak jadi masalah untuk keindahan yang akan Anda nikmati.

Baca juga : Air Terjun Lembah Bongkok, Surga Tersembunyi di Tanah Tuban Jawa Timur

Perjalanan dari pintu masuk ke lokasi air terjun terbilang cukup jauh dengan jarak kurang lebih 4 km. Anda dapat mengedarai motor, sedangkan mobil tidak bisa mengakses jalanan kesana. Kondisi jalan tidak begitu baik dan cukup bergelombang, sehingga Anda harus berhati-hati di sepanjang jalan. Jika ingin perjalanan yang lebih aman, Anda bisa menyewa motor khusus untuk medan bergelombang dengan biaya 50 ribu (sudah dengan driver-nya).

Perjalanan ke Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti

Perjalanan ke Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti

Setelah itu, Anda harus memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km. Medannya cukup menantang dengan bukit batu yang harus didaki.

  • Keindahan Air Terjun Mangku Sakti

Setelah menempuh perjalanan panjang yang melelahkan, kelelahan Anda akan terbayar dengan panorama indah di hadapan mata, air terjun Mangku Sakti sudah ada di hadapan Anda. Jangan lupa mengabadikan momen berharga Anda, ya!

Airnya yang jernih dan sejuk karena bersumber langsung dari puncak Gunung Rinjani akan memanjakan mata dan tubuh Anda yang penat. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai sekitar 20 m, Anda akan dimanjakan dengan pesona tersembunyi di balik kaki gunung Rinjani. Sungai di bawah air terjun ini mengalir ke Desa Sajang yang airnya dimanfaatkan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap hari.

Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti

Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti

Di sekitar sungai tersebut dipenuhi dengan bebatuan, sehingga Anda harus selalu berhati-hati. Selain itu, dasar sungai yang berupa batu juga cukup licin. Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak selip untuk menghindari terpeleset.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Air Terjung Mangku Sakti adalah saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan Mei hingga Agustus. Saat musim kemarau, airnya lebih jernih dan berwarna kehijauan. Alirannya pun cukup aman. Sedangkan saat musim hujan debit air akan meningkat sehingga airnya tampak keruh. Alirannya juga terbilang deras sehingga cukup berbahaya.

Baca juga : Pantai Tanjung Ringgit, Potret Kecantikan Alam di Ujung Lombok

Air Terjun Mangku Sakti adalah salah satu kekayaan alam Lombok yang harus dijaga keindahan dan kelestariannya. Dengan begitu, potensi wisatanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengangkat tingkat perekonomian daerah tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.