LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Objek Wisata Religi di Jawa Timur yang Sayang Untuk di Lewatkan

Objek wisata religi merupakan objek wisata yang memiliki nilai-nilai spiritual di dalamnya dan biasanya objek wisata religi tersebut berupa tempat ibadah, makam-makam wali, dan objek wisata yang memiliki cerita dan nilai spiritual lainnya. Banyak orang yang mengunjungi wisata religi biasanya untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan ataupun sekedar sarana berlibur.

Di Indonesia sendiri banyak sekali terdapat objek wisata religi. Dan rata-rata setiap daerah memiliki wisata religi yang tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Nah, bagi anda yang berada di Jawa Timur, berikut beberapa objek wisata religi di Jawa Timur yang cukup populer dan sayang untuk anda lewatkan

  1. Makam Sunan Ampel Surabaya

Bagi anda yang bermukim di daerah sekitar Surabaya tentunya tidak asing dengan objek wisata yang satu ini. Objek wisata Sunan Ampel Surabaya tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Biasanya mereka yang datang kesini bertujuan untuk berziarah ke makam Sunan Ampel. Lokasi makam Sunan Ampel sendiri berada di Jalan Nyamplungan yang merupakan lokasi yang cukup dikeramatkan bagi warga muslim disana.

Objek Wisata Religi di Jawa Timur yang Sayang Untuk di Lewatkan

Objek Wisata Religi di Jawa Timur yang Sayang Untuk di Lewatkan

Selain itu, objek wisata ini terkenal pula sebagai kampung arab karena banyak warga disana yang merupakan keturunan arab. Tidak hanya mengunjungi makam Sunan Ampel, anda dapat berbelanja oleh-oleh khas Sunan Ampel Surabaya.

  1. Masjid Cheng Ho

Objek wisata di Jawa Timur lainnya adalah Masjid Cheng Ho. Masjid ini dibangun oleh Laksmana Cheng Ho pada abad ke-15. Masjid ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan bangunan masjid pada umumnya, hal ini dikarenakan arsitektur masjid ini dibangun khas Tionghoa. Selain bangunan masjid yang tampak sangat megah, masjid ini juga dilengkapi dengan kaligrafi-kaligrafi indah yang terukir di dindingnya.

  1. Makam Sunan Giri Gresik

Berbeda dengan makam Sunan Ampel yang berada di pusat kota Surabaya, makam Sunan Giri terletak di sebuah puncak bukit yang dikenal dengan Giri Kedaton. Untuk mencapai tempat ini anda harus menaiki anak tangga yang berjumlah hingga ratusan. Di sepanjang anak tangga biasanya banyak pedagang yang menjual jajanan khas Kota Gresik. Pada malam harinya, anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari puncak bukit Giri Kedaton.

  1. Gunung Kawi

Gunung kawi memang merupakan objek wisata pengunungan yang menawarkan pemandangan yang asri dengan udara yang menyegarkan. Namun bagi sebagian orang, Gunung Kawi memiliki daya tarik lain sebagai tempat wisata religi sekaligus simbol kemakmuran.

Pesarehan Gunung Kawi merupakan daerah wisata religi yang menyimpan cerita mitos selama bertahun-tahun yaitu siapapun yang datang ke tempat ini dan mendapat berkah maka usahanya akan maju pesat dan memperoleh banya keuntungan. Sehingga menyebabkan Gunung Kawi ini tidak pernah sepi pengunjung.

  1. Pura Luhur Amertha Jati

Bagi anda yang beragama Hindu tentunya tidak akan asing dengan objek wisata yang satu ini. Bertempat di Malang, pura ini menjadi salah satu tempat beribadah umat hindu terbesar di Jawa Timur. Letaknya yang berada di sebuah pulau kecil dan berada di tepi laut menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisata ini. Selain itu, anda juga dapat menikmati indahnya salah satu pantai yang cukup terkenal di Jawa Timur.

Baca juga : Sebaiknya Lakukan Tips Berikut Ini Saat Mengunjungi Destinasi Wisata Religi

Nah itu tadi 5 wisata religi yang cukup populer di Jawa Timur. Selain di atas, tentunya masih banyak lagi tempat wisata religi yang lainnya di propinisi Jawa timur ini.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.