Obat-obatan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk pertumbuhan janin serta kesehatan ibu hamil itu sendiri. The American Pregnancy Association menganjurkan supaya ibu-ibu hamil harus bijak dalam mengkonsumsi obat-obatan selama masa kehamilan hingga menjelang persalinan.

Nah, berikut ini adalah langkah cerdas dan bijak dalam mengkonsumsi obat-obatan khusus untuk ibu hamil serta obat-obat apa saja yang harus dihindari untuk dikonsumsi.

Obat-obatan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

  1. Obat untuk antidepresi

Hindarilah mengkonsumsi obat antidepresi ketika anda sedang hamil. Penggunaan obat antidepresi saat hamil dapat memengaruhi perkembangan janin anda dan memungkinkan janin mengalami kecacatan. Jika anda sedang stress atau depresi saat hamil, untuk mengatasinya adalah dengan yoga.

  1. Obat untuk demam

Jika anda mengalami demam di masa kehamilan, anda dilarang untuk mengkonsumsi obat penurun demam karena akan berdampak pada janin anda. supaya demam anda cepat sembuh, sebaiknya perbanyak minum air putih dan kompreslah badan anda menggunakan air hangat. Jika demam anda tidak pulih setelah 3 hari, hubungilah dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Obat-obatan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Obat-obatan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

  1. Obat untuk anti alergi

Jika penyait alergi anda kambuh saat anda sedang hami, jangan sesekali meminum obat anti alergi untuk mencegah dan mengobati alergi anda karena akan memengaruhi perkembangan janin yang sedang anda kandung. Gunakan pengobatan secara alami dan hindari sumber yang dapat menyebabkan anda alergi.

  1. Obat herbal

Ada beberapa obat herbal yang tidak boleh anda konsumsi saat anda sedang hamil yaitu rosemary, ginseng, aloe vera, dan sebagainya yang tidak boleh dikonsumsi di masa awal kehamilan anda.

Baca juga : Beberapa Tips Untuk Ibu Hamil Supaya Bayi Sehat

  1. Obat untuk sakit kepala

Apabila anda sering mengalami sakit kepala atau badan anda terasa nyeri, hindarilah penggunaan obat penghilang nyeri dan penghilang sakit kepala karena obat-obatan tersebut mempunyai dosis tinggi dan efek samping yang berbahaya untuk janin anda. saat sakit kepala menyerang anda di masa kehamilan, gunakan metode relaksasi untuk menyembuhkannya dan beberapa alternatif alami lainnya.

  1. Antobiotik dan Vaksinasi

Jangan sembarang mengkonsumsi obat antibiotik tanpa resep dan anjuran dari dokter. Obat anntibiotik biasanya mengandung dosis tinggi yang tidak baik untuk tumbuh kembang bayi anda. jika anda memang memerlukan antibiotik, konsultasikan dengan dokter anda. Selain antibiotik, obat vaksinasi seperti obat malaria  juga harus anda hindari selama hamil.

Langkah Bijak Dalam Mengkonsumsi Obat-Obatan Selama Hamil

  1. Konsultasi dengan dokter

Selalu konsultasikan pada dokter kandungan anda jika ingin mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Agar anda tahu apakah obat tersebut dianjurkan atau tidak. Jangan langsung memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan sebelum anda mengkonsultasikannya.

  1. Baca kemasan pada obat

Biasanya, pada kemasan obat tercantum dengan jelas tentang peringatan penggunaan obat. Seperti peringatan dosis untuk ibu hamil atau ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat tersebut.

  1. Mempertanyakan keamanan obat

Selalu pertanyakan tentang keamanan obat yang ingin anda konsumsi. Apakah itu baik untuk kesehatan anda dan janin serta apa saja efek sampingnya. Tanyakan nama obat yang akan anda konsumsi, dosis yang tepat, obat lain yang bisa dikonsumsi dan hal-hal lainnya yang harus diwaspadai.

  1. Jangan menggunakan obat yang sama dengan ibu hamil lainnya

Biasanya, kebiasaan ibu-ibu suka bercerita dengan ibu-ibu lainnya. Tak jarang bagi ibu-ibu yang sedang hamil jika sedang mengalami keluhan kesehatan juga menceritakan kondisinya dengan ibu-ibu hamil lainnya dengan maksud untuk mencari solusi dari masalah yang dialami.

Perlu untuk anda ingat bahwa mungkin gejala kesehatan yang anda alami semasa hamil sama dengan beberapa ibu-ibu hamil lainnya tapi anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis obat yang sama karena setiap kondisi ibu hamil tidaklah sama. Untuk itu, hindari penggunaan obat-obatan yagn sama jenisnya dengan yang dikonsumsi ibu-ibu hamil lainnya.

Baca juga : 7 Manfaat dan Alasan Ibu Hamil Dianjurkan Mengkonsumsi Terong

Langkah bijak yang terakhir adalah dengan mendokumentasikan riwayat obat yang anda minum sebelum dan selama masa kehamilan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengambil keputusan pengobatan bagi anda selama hamil.

Itulah Obat-obatan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil dan langkah bijak yang harus anda terapkan saat memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan hindari obat-obatan yang membahayakan untuk perkembangan janin anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply