Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

0
27

Apakah arti keluarga samawa dalam Islam? Keluarga yang disebut juga dengan keluarga samara adalah sebuah istilah untuk keluarga yang menerapkan nilai-nilai Islam yang ada. Tentu saja, semua orang akan sangat menginginkan keluarga yang satu ini. Akan tetapi, untuk anda yang ingin mewujudkan keluarga ini tentu saja bukanlah sebuah perkara mudah. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah
Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Istilah keluarga yang disebutkan dalam Al-Quran surah Ar-Rum ini tentu saja sangat menarik untuk dibahas, apalagi mengenai cara mewujudkannya. Lantas, apa saja hal yang harus anda lakukan? Berikut daftarnya untuk anda.
Dalam hal ini ada beberapa hal yang sebaiknya and lakukan jika anda ingin dapatkan sebuah keluarga sakinah mawaddah warahmah.

  • Untuk hal yang pertama ialah anda tentu saja harus memilih pasangan yang memang memiki iman dan takwa kepada Allah SWT. Karena keluarga yang samawa ini merupakan salah satu hal yang disinggung dalam Islam dan juga salah satu karakteristiknya ialah kecenderungan keluarga terhadap agama, maka anda harus memilih pasangan yang soleh atau solehah. Dengan begitu, pasangan anda tentunya paham tentang bagaimana membangun sebuah keluarga sakinah mawaddah dan warahmah
  • Selain itu, anda dan pasangan anda nantinya harus memiliki niat yang baik saat menikah. Jangan sampai anda menikah hanya karena pasangan anda kaya atau tampan. Akan tetapi, niat yang harus tertanam dalam batin saat menikah ialah anda ingin melakukan ibadah kepada Allah SWT. Anda menikah karena anda ingin menghindari sebuah hubungan yang dilarang oleh agama.
  • Ada pun hal lain yang nantinya harus anda dan pasangan anda lakukan ialah memahami hak dan kewajiban masing-masing. Untuk anda para suami harus tahu jika mencari nafkah adalah hal yang wajib dan mencari nafkah yang halal ialah hal yang seharusnya dilakukan agar nantinya rezeki terebut berkah. Sedangkan untuk para istri, kewajiban untuk patuh kepada suami dan menyenangkan hati suami jangan sampai terlupa agar nantinya  keluarga samawa pun terwujud.

Penulis : TIm AA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.