LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Merawat sepeda motor saat musim hujan

Merawat sepeda motor merupakan hal yang biasa dilakukan oleh sobat-sobat, kemana-mana memang biasanyakan pake motor. Makanya motor kesayangan kita harus kita rawat dengan baik supaya tidak mudah mogok atau rusak, terutama sekarang ini yang sudah mulai memasuki musim hujan.

Merawat Motor

Berikut beberapa hal dalam Merawat sepeda motor saat musim hujan :

Mencuci Motor

Udah pasti yang harus diperhatikan pertamakali yaitu menjaga kebersihan motor. Apalagi ketika kehujanan motor menjadi sangat kotor dan sebaiknya sebisa mungkin di bersihkan minimal diguyur dengan air dan dikeringkan supaya tidak mudah terkena karat.

Memberi Pelumas Rantai

Ketika hujan rantai juga menjadi kotor, tanah pasir akan menempel pada rantai, bersihkan rantai dan berikan pelumas rantai supaya perputaran lebih lancar dan mengurangi gesekan.

Periksa Ban

Ketika musim hujan yang harus diperhatikan juga yaitu tekanan ban, kerena tekanan udara pada ban yang kurang dari standar akan menjadikan berat dan gesekan ban dengan aspal semakin besar sehingga akan menjadikan ban mudah halus.

Mengganti Oli secara berkala

Ganti oli juga perlu dilakukan secara berkala supaya perputaran komponen mesin bisa lebih lancar karena pelumasan yang baik, sehingga mesin tetap awet dan tidak mudah aus.

Keringkan rem cakram

Keringkan bagian cakram rem karena air hujan bisa menyebabkan rem berdencit dan daya cengkram kurang pakem.

Terimakasih semoga bermanfaat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.