LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Merawat Rantai Sepeda Motor

Rantai merupakan bagian penting pada sepeda motor, dimana rantai merupakan penghubungkan perputaran mesin ke ban. sehingga motor bisa melaju dengan baik dan lancar. Tentunya tanpa perawatan yang baik pada motor bisa membuat motor menjadi mudah rusak dan harus dibawa ke bengkel. Termasuk rantai, perawatan rantai juga tidak boleh disepelekan, apalagi jika hujan turun tentunya membuat rantai menjadi mudah kotor.
Merawat Rantai Sepeda Motor
Rantai yang tidak dirawat dengan baik akan membuat rantai menjadi kotor, berkarat dan mudah kendor dan rusak. tentunya jika rantai kotor maka akan menjadi perputaran menjadi tidak lancar karena gesekan yang ditimbulkan rantai dengan gir-gir lebih besarĀ  dan kerja mesin menjadi lebih berat.
Maka harus dirawat dengan baik berikut cara merawat rantai :
  • Bersihkan rantai motor dari debu dan kotoran yang menempel.
  • Berikanlah oli khusus rantai, jangan gunakan oli bekas supaya perputaran lebih lancar, dengan pemberian oli yang baik maka kita bisa merasakan motor menjadi lebih ringan dan nyaman.
  • Berikan oli dengan cara menyetandar motor kemdian nyalakan mesin untuk mempermudah dalam memberi oli pada rantai secara merata.
  • Periksa kekencangan rantai sesuai dengan petunjuk , jangan terlalu kendor juga jangan terlalu kencang.
  • Periksa juga pin pada sambungan rantai terkunci atau terpasang dengan baik dan kuat.
Terimakasih semoga bermanfaat.

5 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.