LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Merawat ban kendaraan supaya awet dan tidak mudah aus

Ban merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan, kondisi ban kendaraan yang sudah halus tentu bisa membahayakan bagi keselamatan pengendara dan orang lain. Ban yang sudah gundul dan halus sebaiknya segera diganti karena ban yang sudah halus jika digunakan terus akan membuat daya cengkram pada jalan atau aspal menjadi berkurang sehingga licin dan mudah terpleset, apalagi ketika hujan turun.
Merawat Ban Motor

 

Maka memeriksa kondisi ban kendaraan kita harus dilekukan secara rutin. Berikut tip merawat ban supaya lebih awet :
Tekanan ban
Perhatikan dan periksa tekanan ban kendaraan anda, apalagi dimusim dingin tekanan ban biasanya akan berkurang dan agak kempes. Sebaiknya jika tekanan udara kurang segara ditambah tekanannya. Tekanan ban yang kurang akan menjadi berat dan gaya gesek ban dengan aspal akan semakin besar sehingga ban menjadi lebih cepat gundul.
Rotasi Ban
Untuk ban mobil yang mempunyai ukuran sama maka bisa melakukan rotasi ban secara berkala, antara ban depan dengan ban belakang supaya keausan ban bisa merata. Karena keausan ban belakang biasanya lebih cepat dari pada ban depan.
Tidak membawa beban berlebihan
Ketika bepergian sebaiknya tidak membawa beban yang melebihi dari kapasitas kendaraan, semakin berat beban gesekan ban tentu akan menjadi lebih besar, sehingga ban menjadi cepat halus.
Pilih ban yang ukurannya tepat

Pilihlan ban yang sesuai dengan rekomendasi untuk kendaraan sobat-sobat. Ukurannya yang pas, jenisnya yang pas sesuai dengan kendaraan. Ganti ban baru jika sudah mencapai batas tapak unuk keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Terimakasih semoga bermanfaat.

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.