LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Menulis Surat Jangan Dilupakan

Menulis surat bisa dibilang sudah sangat jarang sekali seseorang menulis dan mengirim surat  melalui pos, bahkan tidak pernah menulis surat lagi, menulis surat  biasanya ditunjukan hanya untuk hal-hal yang bersifat formal seperti : surat lamaran pekerjaan, surat cuti, surat izin dll .
Untuk surat  yang bersifat non formal sudah jarang sekali seseorang mengirim surat melalui pos?  Mungkin hanya di daerah terpencil yang belum tersentuh teknologi yang masih sering menggunakan surat menyurat untuk komunikasi. Termasuk saya sendiri sudah jarang bahkan tidak pernah mengirim surat melalui pos, baik untuk orang tua, ayah, ibu, kakek, nenek teman atau kerabat.
Di zaman sekarang seseorang ini lebih  memilih mengirm surat melalui email atau melalui jejaring sosial atau mengirmkan SMS langsung sampai ketujuan dalam hitungan menit bahkan detik. Lebih  praktis, efektif, efisien dan murah alasan inilah yang membuat kita lebih suka mengirim SMS dari pada menulis dan mengirim surat melalui pos, yang membutuhkan waktu yang lama bisa berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan surat tersebut baru sampai kepada tujuan. Bahkan bisa jadi tidak sampai kalau salah alamat.  Bisa dikatakan memang mengirim surat kurang efektif dan efisien “Hari gini ngirim surat ? udah ga zaman ??.

Pada hal  menulis sebuah surat kita belajar menulis sebuah kata yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan tata bahasa yang baik, teratur dan sopan santun sesuai dengan kaidah yang tepat. Berbeda dengan mengirim SMS yang kadang-kadang menggunakan bahasa-bahasa yang kurang tepat, singkatan-singkatan yang membingungkan dan sulit untuk dipahami.

Ada satu pucuk surat yang sudah agak lama saya tunggu-tunggu yang tak kunjung datang, padahal alamat sudah benar, sepucuk surat yang sangat penting dan berati sekali bagi saya, surat dari embah yang baik hati dan jauh disana ??  Ini ceritaku apa ceritamu !
Terimaksih semoga bermanfaat, apa bila ada saran dan kritik silahkan berikan komentar !

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.