LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Menjadi Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Dalam Islam, istilah keluarga samawa tentu saja bukanlah hal yang asing lagi. Hal ini pun dibahas dalam Al-Quran Surah Ar-Rum: 21. Menurut ayat tersebut, arti keluarga samawa cukup jelas yang mana kata sakinah sendiri memiliki arti tenteram, mawaddah sebagai cinta dan warahmah dengan arti kasih dan sayang. Jika disimpulkan, keluarga yang samawa ialah keluarga yang dibangun berlandaskan cinta, kasih dan sayang sehingga tercipta kedamaian hati orang yang mengikatkan janji suci mereka menjadi suami istri.

Menjadi Keluarga Sakinah mawaddah Warahmah

Menjadi Keluarga Sakinah mawaddah Warahmah

 

Kemudian, untuk karakteristik dari keluarga sakinah mawaddah dan warahmah ialah sebagai berikut : Pertama ialah keluarga tersebut akan cenderung terhadap agama yang mana iman dan takwa kepada Allah SWT menjadi hal yang utama. Selain itu, suami dan istri pun akan saling memahami satu sama lain dan menganggap bahwa keduanya saling membutuhkan. Untuk anak-anaknya, mereka akan tumbuh di keluarga yang religius sehingga menjadi anak yang soleh dan solehah. Sedangkan kehidupannyapun cenderung sederhana meskipun memiliki harta yang berlimpah, dan setiap anggota keluarga bisa menempatkan diri seperti yang lebih tua akan menyayangi yang muda, yang lebih muda akan menghormati yang lebih tua.

Baca juga : Tips Mendidik Anak Supaya Menjadi Anak Yang Soleh Dan Sholehah

Lalu, bagaimana cara agar keluarga kita menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah ? Hal paling utama yang harus dilakukan ialah anda mencari pasangan yang soleh atau solehah. Latar belakang keluarganya pun sebaiknya memiliki nasab yang baik. Ada juga hal lainnya ialah adanya sikap saling menghargai dan membutuhkan antara suami dan istri. Sedangkan hal lain yang harus anda pahami ialah membangun keluarga dengan ridha-Nya, anda dan pasangan anda, suami dan istri, harus memahami setiap hak dan kewajibannya sehingga nantinya tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan. Setelah menikah, adalah kewajiban suami untuk menuntun istri dan anaknya agar bertakwa kepada Allah SWT. Bukan hanya itu saja, suami dan istri pun harus mengajarkan semua hal baik kepada anak mereka sehingga menjadi anak-anak soleh dan solehah seperti misalnya bersedekah, mengaji, melakukan introspeksi diri dan lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.