LiburanLiburan Asik !!

Meningkatkan kepedulian siswa terhadap kebersihan melalui perlombaan

Kebersihan merupakan pangkal dari kesehatan, uangkapan ini sering kita dengar sejak kita duduk dibangku sekolah dasar. Guru kita selalu mengungkapkan dan menasehati kita untuk selalu menjaga kebersihan, mengingatkan kita untuk membuang sampah pada tempatnya. 
Bahkan nabi kita juga bersabda bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman “, Nabi selalu memerintahkan kita untuk selalu bersuci (wudhu, tayamun atau  mandi) sebelum melaksanakan ibadah shalat. Inilah menandakan betapa pentingnya kebersihan.
Kelas yang bersih, rapi, indah dan segar merupakan salah satu dari bagian penting dalam pendidikan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan kondusif. 
Untuk  meningkatkan kepedulian siswa terhadap kebersihan kelas dan lingkungannya salah satunya yaitu diadakan lomba kebersihan antar kelas yang bisa dilaksanakan secara rutin setiap hari, sehingga siswa akan termotivasi untuk menjadi juara kebersihan.
Untuk teknis perlombaan salah satu contohnya bisa dilakukan setiap hari belajar yaitu perlu diadakan  penilaian kebersihan sehingga kelas akan selalu terkondisikan bersih setiap hari, kemudian untuk pengumuman pemenang bisa dilakukan setiap minggu atau bulan tergantung pihak sekolah masing-masing, berikan penghargaan kepada kelas yang terbersih berupa piala bergilir, piagam atau hadiah untuk memberikan motivasi siswa terhadap lomba ini. dan untuk yang kelas terkotor bisa diberikan bendera hitam dan sangsi misalnya.
Ayo tingkatkan kepedulian terhadap kebersihan disekitar kita   !!!!

Terimakasih, semoga bermanfaat apabila ada saran dan kritik silahkan berikan komentar.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.