LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Menilik Sejuta Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Kemangi merupakan tumbuhan dengan daun kecil yang bebau segar ini pasti sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Kemangi sering digunakan sebagai tambahan dalam berbagai olahan masakan, salah satunya untuk menu lalapan.

Kemangi dan Ciri-Cirnya

Kemangi merupakan tanaman yang banyak ditemukan didaerah tropis. Sebagian orang menyebut kemangi dengan nama lemon basil. Kemangi sebenarnya termasuk tanaman herba yang berketinggian 0.3-1.5 m. Memiliki batang dan cabang yang warna hijau dengan daun menyebar. Daun kemangi saling berhadapan dan termasuk dalam daun tunggal. Daun kemangi berbentuk bulat dengan ujung yang loncong meruncing. Dimana permukaan daun diselimuti rambut halus dengan tepi daun bergelombang atau rata.

Kandungan Kemangi

Kemangi kaya akan kandungan kimia terutama yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya, linalool, estragol, sineol, serta berbagai kandungan lainnya yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain, minyak atsiri, luteolin, flavon o-glukotisidaapigenin, glukorodina, flafon apigenin, flavon C-glukosida orientin, lutein,  glukorodina, asam ursolat, dan molludistin.

daun kemangi

daun kemangi

Selain itu peneliti juga menyatakan bahwa dalam daun kemangi terkandung glikosid, flavonoid, asam garlic dan esternya, asam kafeic, dan minyak atsiri yang mengandung eugenol.

Baca juga : Sejuta Manfaat Alpukat Untuk Balita Anda

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh direktorat gizi RI kemangi mengandung provitamin A dengan besar 5000 SI dalam 100 gram kemangi. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa kemangi kaya akan mineral, fosfor dengan jumlah 45-75 mg per 100 gram, dan juga kalsium.

Beragam Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Nah, melihat berbagai macam kandungan penting diatas, tentu tak heran jika kemangi memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh. Diantaranya:

  1. Antimikrobiologi

Kemangi sangat efektif digunakan untuk melawan microbakterium tuberculais dan bakteri staphylococus aureus serta bakteri jamur. Efek tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan eugenol dalam kemangi, sehingga dapat dijadikan sebagai obat untuk jamur kulit. Dan penyakit lain yang disebabkan karena serangan bakteri.

  1. Menyembuhkan penyakit pada usus halus

Ekstrak kemangi dalam bentuk cair mampu menghentikan kontraksi pada usus halus. Dimana kontraksi pada usus halus ini disebabkan karena adanya rangsangan oleh asetikolin, histamin, dan korbakol.

  1. Menyembuhkan sesak nafas

Ekstrak kemangi yang telah dipadatkan mampu menurunkan sesak nafas dalam jangka waktu satu minggu. Hal ini dapat dicapai jika, dilakukan konsumsi 500 mg selama 3x dalam waktu satu hari.

  1. Menangkal radikal bebas

Manfaat Daun Kemangi selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Kandungan flavonoid dan eugenol yang merupakan antioksidan, ampuh dalam menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu berbagai macam jenis penyakit. Selain itu, kandungan flavonoid dan eugenol mampu mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus.

  1. Mampu membantu pertumbuhan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang sehingga kesehatan tulang juga akan terjaga. Selain itu, kandungan astenol dan boron memberikan peran dalam pencegahan pengeroposan pada tulang.

  1. Melancarkan aliran darah

Magnesium dalam kemangi dapat merilekskan kerja jantung dalam memompa darah. Sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan tetap lancar.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan betakaroten yang terdapat pada daun kemangi sangat baik untuk meningkatkan respon antibodi. Antibodi sangat berperan penting dalam menjaga badan agar tidak terserang virus atau penyakit. Kandungan betakaroten juga berperan dalam membatu sintesis protein untuk membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Dan juga betakaroten sangat baik untuk digunakan menjaga kesehatan mata.

Baca juga : 4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Nah, itu dia beragam Manfaat Daun Kemangi untuk kesahatan kita. So, mulai sekarang jangan ragu mengkonsumsi jenis sayuran ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.