RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Menikmati Pesona Keindahan Kotagede Yogyakarta nan Syahdu

Ada yang beranggapan bahwa wisata ke Yogyakarya tak akan lengkap bila belum mampir ke Kotagede. Ya, itu memang benar adanya. Kawasan peninggalan Kerajaan Mataram itu seakan menyempurnakan perjalanan para wisatawan setelah lelah menikmati pemandangan Gunung Merapi, Pantai Parangtritis ataupun Gua Pindul.

  • Pesona Keindahan Kotagede Yogyakarta

Cobalah menilik atau sekadar mencari foto mengenai Kotagede. Maka jajaran gambar yang menampilkan bangunan lawas akan membuat kita serasa hidup di zaman dulu. Saat ini, ada kurang lebih 170 bangunan yang dibuat selama tahun 1700 hingga 1930. Bangunan itu hingga sekarang masih megah berdiri seakan menyambut para pelancong yang ingin menikmati pesonanya.

Nah, berikut pesona atau daya tarik yang dimiliki Kotagede Yogyakarta, yang sebaiknya Anda tahu.

  • Berburu Kerajinan Perak

Kotagede memang dikenal sebagai sentra kerajinan perak di Yogyakarta. Di sepanjang jalan Kotagede, Anda akan menemukan toko-toko yang menjual berbagai perhiasan dan perabotan yang indah dan cantik. Misalnya teko hingga aksesori berupa kalung, cincin dan gelang.

Baca juga : Air Terjun Lembah Bongkok, Surga Tersembunyi di Tanah Tuban Jawa Timur

  • Pasar Legi Kotagede

Pasar tertua di Yogyakarta ini masih bertahan dan aktif sejak zaman kerajaan hingga sekarang. Menariknya setiap kalender Jawa jatuh pada hari Legi, pasar ini akan lebih ramai dari biasanya. Mesti telah dirombak berulang kali, tapi gaya arsitektural dan posisi pasar ini tidak berubah.

  • Reruntuhan Benteng

Walau disebut reruntuhan, jangan remehkan tujuan wisata ini. Reruntuhan benteng ini masuk dalam daftar wajib mampir bila menyusuri sudut Kotagede. Sebab Anda masih bisa menikmati sebagian besar benteng yang dibangun oleh Panembahan Senopati pada Kerajaan Mataram Islam tersebut.

Luas reruntuhan itu mencapai 400×400 meter dengan ketebalan diatas 1 meter. Bila diperhatikan , benteng itu dibangun menggunakan bongkahan batu besar yang kokoh. Anda pun masih bisa melihat parit buatan yang menyerupai sungai disekeliling benteng.

  • Makam Raja-Raja Mataram

Terletak 100 meter dari Pasar Legi, Anda bisa mampir ke Makam Raja-Raja Mataram. Pemakaman itu terdapat makam dari Panembahan Senopati, Ki Gede Pemanahan, dan Sultan Hadiwijaya. Makam tersebut dikelilingi tembok besar, gapura dan bangunan yang khas Hindu. Bila diperhatikan, arsitektural itu mengingatkan Anda akan suasana di Bali.

Keindahan Kotagede Jogja

Keindahan Kotagede Jogja

Tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Untuk masuk ke dalam kawasan pemakaman, wisatawan juga diwajibkan mengenakan baju adat Jawa. Di sana juga disediakan persewaan baju adat sebesar Rp 10.000 per orang. Selama berada di dalam, pengunjung juga tidak diperkenankan memotret. Wisatawan diperbolehkan untuk masuk ke dalam makam pada hari Minggu, Senin, Kamis, dan Jumat pada pukul 08.00 – 16.00.

  • Masjid Agung Kotagede

Tak hanya pasar tertua, Kotagede juga memiliki masjid paling tua di Yogyakarta. Letaknya di kompleks Makam Raja-Raja Mataram. Selain masih aktif sebagai tempat ibadah, Masjid Agung tersebut juga digunakan untuk tempat musyawarah masyarakat Kotagede.

  • Kawasan Rumah Tradisional Jawa

Tak jauh dari kawasan Makam Raja-Raja Mataram dan Masjid Agung Kotagede, 50 meter kea rah selatan, terdapat tembok gapura dengan tulisan “Cagar Budaya”.  Anda bisa menikmati keindahan rumah tradisional Jawa. Bangunan di sana masih kokoh berdiri tegak lengkap dengan arsitektural yang tak berubah sejak dulu.

  • Lokasi Kotagede Yogyakarta

Ada banyak cara menuju menuju Kotagede. Kawasan yang terletak 5 km dari pusat kota ini, salah satunya bisa diakses menggunakan bus. Dari Bandara Adisucipto, Anda bisa menggunakan Bus Trans Jogja dengan tujuan shelter Tegaltandu, Kotagede. Untuk bisa lebih menikmati pemandangan komplek Kotagede, Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan becak.

  • Fasilitas yang ada di Kotagede Yogyakarta

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, komplek Kotagede menyediakan tempat parkir. Lelah menyusuri Kotagede, Anda bisa menikmati kuliner yang ditawarkan. Tak melulu gudeg, Anda bisa mencicipi sate sapi khas Kotagede, kipo ataupun kue kembang waru.

Jika ingin menginap, di daerah ini juga terdapat beragam jenis penginapan dengan harga yang bervariasi. Mulai dari kelas melati hingga hotel bintang lima. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan budget anda.

Baca juga : Pesona Pantai Baron Jogja yang Memikat Mata

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai keindahan Kota Gede Jogja dengan segala daya tariknya. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.