RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Menikmati Fenomena Cahaya Surga di Gua Jomblang Jogja

Ingin pengalaman yang beda kala liburan di Yogyakarta? Cobalah melihat langsung Cahaya Surga  di Gua Jomblang. Tak hanya fenomenanya yang seru, Nyatanya Gua Jomblang Jogja ini juga telah banyak dikenal wisatawan asing. Dan salah satu bukti kepopuleran Gua ini, adalah saat dipakai sebagai lokasi syuting Amazing Race beberapa tahun silam. Selain itu, destinasi ini juga telah ditunjuk sebagai ikon geopark pada tahun 2015 yang lalu.

Aktivitas Seru di Gua Jomblang Jogja

Cahaya Surga adalah sebutan sinar matahari yang menerobos masuk hingga ke  dalam gua, yang konon dalamnya mencapai 90 meter tersebut. Semua orang bisa menatap dan merasakan fenomena itu secara langsung tapi perlu usaha lebih karena akses menuju ke sana tidak mudah. Tertarik mencobanya? Berikut aktivitas seru yang akan dirasakan wisatawan di Gua Jomblang Jogja.

  • Caving

Caving adalah aktivitas yang perlu Anda coba bila berwisata ke gua. Apalagi bila mengunjungi Gua Jomblang. Ada banyak jalur masuk gua tersebut. Ketingggiannya pun berbeda mulai 40 hingga  80 meter. Untuk pemula, disediakan jalur VIP dengan 2 tipe akses. Sedang untuk yang ahli, alur masuk melalui Gua Grubug dengan lintasan setinggi 90 meter.

Gua Jomblang Jogja

Gua Jomblang Jogja

Sesampainya di dasar gua, wisatawan masih harus berjalan di lorong lembab dan gelap sejauh 300 meter. Namun usaha Anda tak akan sia-sia ketika menatap langsung Cahaya Surga

  • Rapelling dan SRT-an

Ini merupakan usaha lebih yang harus Anda coba dan lakukan. Aktivitas bergelantungan dengan bantuan seutas tali mungkin awalnya akan membuat Anda ketakutan. Namun percayalah pengalaman memicu adrenalin itu tak akan mudah Anda lupakan.

Baca juga : Goa Selarong Jogja, Destinasi Napak Tilas Pangeran Diponegoro

Ketakutan itu bisa jadi karena ini kali pertama buat Anda tapi ada juga yang keki karena bantuan hanya pada seutas tali. Eits, jangan sepelekan tali-tali tersebut. Selama Anda mengenakan peralatan lengkap dan sesuai standar keselamatan, perjalanan menuju Cahaya Surga dijamin aman.

Ketika perjalanan naik, Anda harus mencoba teknik SRT atau single rope technique. Teknik sesungguhnya akan dilatih sebelum memulai caving.  Namun jika pengunjung di hari itu membludak dan semuanya awam, maka akan digunakan teknik hauling. Anda tinggal duduk dan orang-orang dari atas akan menarik.

  • Berburu Foto Cantik

Ada banyak sisi yang sulit dibiarkan begitu saja. Mungkin ketika masuk ke gua hingga ketika Anda bergelantungan di tali. Anda pun bisa mengambil gambar ketika rapelling. Tentu saja ini membutuhkan sklill khusus karena usaha turun saja sudah repot. Apalagi harus menjaga kamera dengan baik. Prioritas utama adalah keselamatan.

  • Penelitian Botani

Tanaman-tanaman didasar gua ini tumbuh lebat dan rimbun. Deretan tumbuhan itu disebut hutan purba. Tidak hanya berwisata saja, Anda pun akan menemui banyak peneliti tertarik dengan vegetasi di Gua Jomblang. Untuk menambah pengetahuan, Anda bisa menanyakan vegetasi langka pada mereka.

Lokasi Gua Jomblang Jogja

Gua Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Jika dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 50 km dan bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan sepeda motor atau mobil.

Tiket Masuk

Sesungguhnya tidak ada tiket khusus untuk memasuki Gua Jomblang. Bila memiliki peralatan yang memadai, Anda dan komunitas hanya perlu izin pada kepala Dukuh yang bernama Pak Brewok. Jika memakai jasa operator, Anda perlu merogoh kocek mulai Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000 sesuai dengan fasilitas yang diinginkan.

Baca juga : Pesona Pantai Baron Jogja yang Memikat Mata

Jam Operasional

Fenomena Cahaya Surga bisa dinikmati setiap hari. Buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 14.00. waktu ini dirasa pas dengan turunnya cahaya matahari sehingga wisatawan bisa mengambil gambar eksotik ketika sinar matahari turun ke dasar gua. Namun ketika musim penghujan wisatawan diharap lebih berhati-hati karena hujan membuat akses jalan sangat licin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.