LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Menghilangkan Stres Saat macet

Kemacetan memang sering sekali terjadi di kota-kota besar, terutama menjelang liburan  saat arus mudik lebaran sering terjadi kemacetan yang cukup parah. Kemacetan lalulintas dapat membuat kita merasa bosan, capek menguras banyak tenaga bahkan bisa memicu stress

Apabila membawa serta anak-anak, kerewelannya dapat menjadi penyebab utama stres di jalan. Anak merengek-rengek, menagis dsb. Karena kemacetan sulit dihindari, ada baiknya melakukan langkah-langkah untuk meminimalisir stres saat terjebak macet.

  • Buat suasana berkendara yang menyenangkan

Buatlah suasana dalam berkendara yang nyaman untuk anak-anak sehingga tidak rewal saat di jalan dengan menyiapaka hiburan sapaya anak-anak tidak bosan dalam kemacetan saperti menyalakan radio, music  main games untuk anak-anak dan alat pijat supaya tedak pegal saat menunggu macet lalu lintas.

Macet Mudik Lebaran

Macet Mudik Lebaran

  • Buat hawa didalam kendaraan tetap sejuk dan nyaman.

Kemacetan akan membuat badan kita merasa capek, berkeringat dan gerah maka kondisikan udara dalam kendaraan agar tetap sejuk dan nyaman  dengan nyalakan AC secukupanya atau selalu bawa minuman agar tubuh tetap segar dan terhindar dari dehidrasi.

  • Bawa Bekal Makanan dan minuman secukupnya

Rasa lapar dan harus dapat memicu kita menjadi mudah kesal dan marah apalagi ketika menghadapi kemacetan yang mengular , maka bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya untuk persiapan di perjalanan jauh.

  • Jangan Terburu-buru

Ada pepatah jawa mengatakan “alon-alon asal kelakon”  artinya pelan-pelan asal selamat . Kemacetan terjadi akan membuat pengendara akan terburu-buru dan tidak mau kalah satu kendaran dengan kendaran yang  lain, hal ini justru akan menyebabkan semakin parahnya kemacetan yang terjadi dan karena ini juga bisa menyebakan kecelakanan lalu lintas yang terjadi karena ingin saling mendahului lebih baik tidak terlalu buru-buru yang terpenting selamat sampai tujuan.

  • Buat  anak-anak tetap tenang dan senang

Ketika terjebak macet, anak-anak jelas akan cepat merasa bosan lantas merengek dan menangis maka siapakan permainan-permainan atau hiburan yang bisa membuat anak merasa nyaman, santai sehingga kemacetan tidak terasa .

  • Mencari Jalur Alternatif

Cari informasi tentang jalur alternatif yang tidak terjadi kemacetan pengemudi dapat memperoleh informasi kondisi lalu lintas lewat media internet, jejaring sosial, televisi maupun radio. Dengan demikian, pengemudi dapat mengetahui jalur yang tidak ramai dan tidak terjadi kemacetan.

  • Gunakan GPS supaya tidak tersesat

Kehilangan arah dan tersesat adalah hal yang umum dialami saat melakukan perjalanan panjang. Selain menyita waktu, masalah ini juga menguras energi. Agar tak tersesat, lengkapi mobil dengan sistem navigasi GPS (Global Positionong System) dan peta jalan agar dapat memastikan posisi kendaraan.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.