LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga dengan 5 Kegiatan Berikut Ini!

Banyak dari keluarga-keluarga Indonesia, belum mengetahui seberapa penting dari menghabiskan waktu, liburan atau biasa disebut family time. Biasanya orang tua terlalu sibuk bekerja sedangkan anak sibuk melakukan kegiatannya perihal urusan sekolah. Pada kasus seperti itu, akan menimbulkan keluarga yang terasa kaku bahkan bisa merenggangkan hubungan.

piknik dengan keluarga

Apalagi sekarang jaman sudah serba gadget sehingga waktu untuk mengobrol pun jarang. Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah satu-satunya cara untuk mempererat hubungan yang renggang dikarenakan gadget. Pada ulasan berikut ini akan dijelaskan kegiatan-kegiatan yang bisa dijadikan referensi untuk family time Anda berikutnya.

Baca juga : 5 Rahasia sukses membangun keluarga Harmonis

Cara Asyik Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Melakukan Kegiatan Berkemah Bersama

Berkemah atau camping adalah salah satu kegiatan yang terbukti bisa mempererat hubungan sebuah keluarga. Berkemah tidak harus pergi ke gunung atau hutan. Jika Anda tidak punya cukup waktu, berkemah di halaman rumah atau di belakang rumah juga tidak kalah seru. Mendirikan tenda bersama, memasak bersama, melakukan permainan bersama merupakan kegiatan-kegiatan yang bisa Anda lakukan.

Piknik Di Kebun

Siapa yang tidak menyukai piknik? Begitupun juga anak-anak biasanya langsung antusias jika akan melakukan kegiatan piknik. Kegiatan outdoor ini bisa dilakukan di kebun dekat rumah atau di pinggiran danau.

Dalam kegiatan piknik, usahakan untuk menghindari gadget jika Anda menginginkan waktu yang berkualitas. Menikmati udara segar, mengekspor flora dan fauna dan memakan bekal bersama akan membuat family time Anda lebih berkualitas.

Melakukan Permainan Papan

Kegiatan ini bagi orang tua yang benar-benar tidak memiliki waktu untuk keluar rumah. Pasalnya permainan papan atau boarding games bisa dilakukan dimanapun termasuk di dalam rumah. Tentu saja semua anggota keluarga wajib berpartisipasi dalam permainan ini. Pilihlah permainan yang bisa dimainkan oleh banyak orang seperti Lego, monopoli, puzzle dan lain-lain.

Agar permainan menjadi seru, Anda bisa menambahkan hukuman ringan bagi yang kalah. Memainkan permainan bisa melatih kekompakan dan kejujuran. Jangan lupa juga untuk menyiapkan cemilan kecil dan minuman agar anak Anda tidak kelaparan.

Menonton Film

Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton film tidak harus ke bioskop. Anda bisa melakukannya di dalam rumah seakan-akan seperti di dalam bioskop. Persiapkan terlebih dahulu film apa yang akan diputar. Usahakan untuk memilih film bertema keluarga agar lebih cocok.

Pastikan juga Anda sudah mengetahui isi filmnya terlebih dahulu agar nantinya tidak ada adegan kekerasan atau adegan tidak pas lainnya. Menonton film rasanya tidak akan lengkap jika tidak ada camilan. Anda juga bisa menyiapkan popcorn atau camilan-camilan ringan yang bisa dimakan sepanjang film berlangsung.

Setelah menonton film adakan juga diskusi-diskusi kecil tentang isi film, adegan paling lucu dan amanat yang bisa diambil dari film tersebut. Tidak akan terasa ternyata durasi 2 jam bisa mempererat hubungan keluarga.

Baca juga : Kiat dan Tips merencanakan memiliki Momongan setelah menikah

Memasak Bersama

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling bisa dilakukan semua keluarga. Memasak bersama, terlihat sepele tapi tentu memiliki efek yang tidak sederhana. Melakukan aktivitas memasak bersama akan memupuk rasa tolong menolong, kekompakan dan tentu rasa bersyukur. Anak juga akan memiliki nafsu makan lebih jika makanan tersebut hasil dari masakannya bersama ayah dan bundanya.

Menghabiskan waktu bersama keluarga tidak harus diartikan sebagai kegiatan liburan yang jauh. Kita bisa memaknai family time sebagai bentuk kebersamaan antara orang tua dan anak. Momen penting ini tidak boleh dilewatkan begitu saja, karena memiliki manfaat-manfaat besar seperti membangun kasih sayang, kebersamaan, dan rasa saling memiliki.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.