Mengenal Sistem Pendidikan HomeSchooling

Pendidikan HomeSchooling

Mendidik anak merupakan suatu hal penting untuk masa depan nantinya. Pastinya, semua orang tua ingin memiliki anak yang cerdas dan berguna bagi keluarga maupun masyarakat sekitar. Untuk itu, mereka memerlukan pendidikan formal agar dapat bersaing dengan orang lainnya.

Ada dua kategori pendidikan yang bisa Anda pilih. Pertama, yaitu pendidikan formal. Kedua, yaitu pendidikan HomeSchooling. Kedua kategori pendidikan tersebut sama-sama dapat memberikan pelajaran yang tepat untuk tumbuh kembang mereka.

Sekarang ini, pendidikan HomeSchooling sedang banyak digemari oleh masyarakat. Banyak yang mengakui bahwa dengan menerapkan pendidikan homeschooling, sang anak lebih efektif dalam menerima pelajaran, dibanding harus menyekolahkannya seperti biasa.

Baca juga : Tips Mengembangkan Bakat Anak secara Efektif

Namun, biaya yang dibutuhkan memang terbilang relatif bisa lebih mahal atau malah lebih murah dari pada pendidikan formal biasanya, lebih murah jika orang tua bisa atau mengajar anaknya sendiri atau bisa mencari materi dan tutor dari internet tidak perlu bayar seragam, beli tas, beli sepatu baru, transport harian, bayar  spp dan lainnya karena pembelajarannya dilakukan dirumah, namun akan lebih mahal jika anda harus mendatangkan guru pengajar atau guru privat ke rumah.

Pendidikan HomeSchooling
Pendidikan HomeSchooling

Kebanyakan mereka yang menggunakan pendidikan homeschooling ialah orang-orang yang memiliki kemampuan ekonomi mapan, atau golongan menengah keatas.

Jika Anda saat ini merasa mampu untuk mendidik/mengajar anak sendiri atu mempunyai  biaya lebih untuk membayar guru private homeschooling, tak ada salahnya bila mempertimbangkan pendidikan tersebut untuk sibuah hati. Nah, sebagai gambaran, berikut kami bagikan ulasan yang lebih mendetail mengenai pendidikan homeschooling dan hal-hal terkait lainnya.

  • Apa Itu Pendidikan HomeSchooling?

Jika Anda mendengar istilah homeschooling, apa sih yang terlintas dibenak Anda pertama kali. Jika kita melihat dari definisi katanya, bisa diartikan sekolah dirumah. Nah, dari artinya tersebut, kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa sekolahnya itu dikerjakan dirumah bukan di sekolah umum seperti biasanya.

Jadi, Anda akan membayar pengajar yang dipanggil untuk datang ke rumah dan mengajarkan anak dirumah. Jadi, anak tidak perlu direpotkan dengan seragam,  pergi ke sekolah atau hal lainnya.

Homeschooling ini terbilang sangat efektif karena anak bisa menerima pelajaran secara maksimal. Dan biasanya, anak-anak yang diberikan pelajaran/pendidikan homeschooling dapat dengan mudah memahami apa yang sedang dipelajarinya. Kenapa begitu? Sebab, Guru hanya mengajarkan satu murid, sehingga guru tahu dan mengerti apa yang harus dilakukan agar mereka dapat mengerti dengan mudah.

Tahukah Anda bahwa guru yang dipekerjakan juga bukan merupakan guru biasa? Guru yang dipilih adalah guru yang sudah berpengalaman dan mempunyai sertifikat khusus. Para guru dituntut untuk memiliki cara pengajaran yang berbeda-beda untuk setiap muridnya.

Seperti yang kita ketahui, setiap murid memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang bisa diajarkan dengan cara visual, mendengarkan, atau langsung praktik. Jadi, guru dituntut untuk mencari tahu cara belajar seperti apa yang cocok untuk muridnya.

Jadi, guru tersebut harus dituntut untuk bisa mengerti psikologi anak meskipun tidak menguasainya. Setidaknya, guru tersebut dapat mengerti metode apa yang harus diajarkan pada murid.

Itulah mengapa homeschooling menjadi lebih efektif dalam pembelajarannya dibandingkan dengan pendidikan sekolah biasa. Anak-anak bisa belajar dengan nyaman tanpa rasa tertekan.

Kebanyakan, anak-anak yang bersekolah di pendidikan formal merasa sangat tertekan karena tuntutan atau target yang perlu mereka capai. Jika mereka tidak mencapainya dengan baik, mereka akan tinggal kelas.

Baca juga : Apa yang Dimaksud Pendidikan Karakter, Apa Manfaatnya?

Untuk itu, homeschooling merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki uang cukup guna mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh anak. Mereka tidak akan dituntut untuk mencapai target tertentu, sehingga mereka tidak akan merasa setress atau tertekan karena tuntutan yang harus dipenuhinya. Meskipun biaya yang dibutuhkan sangatlah besar, namun hasil yang diterima cukup sebanding dengan apa yang dikeluarkan tersebut.

Nah, sekarang anda sudah ada gambaran mengenai apa itu pendidikan homeschooling? Kira-kira anda tertarik untuk menerapkan pada sang buah hati?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.