LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Mengatur Waktu Agar Bekerja Lebih Produktif

KeluargaSamawa.com – Semua orang di dunia ini mempunyai waktu yang sama, 7 hari dalam seminggu dan 24 jam dalam sehari. Namun, ada sebagian orang yang lebih produktif dari pada yang lainnya. Kuncinya adalah manajemen waktu. Nah, berikut ini akan kami jelaskan beberapa tips untuk mengatur waktu agar bekerja lebih produktif. Silahkan disimak.

  1. Hindari Pikiran Malas (Masih Banyak Waktu atau Bisa Dikerjakan Nanti)

Waktu kita menjadi tidak produktif dan seringkali terbuang dengan percuma karena adanya pikiran kalau waktu kita masih banyak sehingga pekerjaan bisa ditunda. Mulailah untuk menghilangkan pikiran-pikiran seperti itu di dalam kepala anda secara perlahan. Selalu ingat bahwa waktu yang telah berlalu dan terbuang begitu saja tidak akan pernah kembali. Dengan begitu anda tak akan membuang waktu dengan sia-sia.

Baca juga : Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

  1. Membuat List Pekerjaan, Lengkap dengan Skala Prioritas dan Deadlinenya

Biasakan untuk membuat perencanaan jangka panjang maupun jangka pendek. Yang paling sederhana adalah buat list pekerjaan mingguan atau harian anda sebagai pengingat.

Setelah list pekerjaan sudah dibuat, tentukan skala prioritas dan deadlinenya. Kerjakan pekerjaan yang penting terlebih dahulu. Review dan checklist pekerjaan yang sudah selesai. Akan ada kepuasan tersendiri jika anda melihat checklist di list pekerjaan anda, semakin banyak semakin bagus karena itu tandanya pekerjaan anda hampir selesai.

Mengatur Waktu Agar Bekerja Lebih Produktif

Mengatur Waktu Agar Bekerja Lebih Produktif

  1. Kenali Waktu-waktu Produktif Anda

Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda. Jadi belajarlah untuk mengenali waktu paling produktif anda. Karena bekerja pada waktu – waktu produktif hasilnya akan lebih maksimal karena pada saat itu anda bisa lebih berkonsentrasi.

Biasakan bekerja pada waktu-waktu tersebut, kalau jadwalnya tetap itu lebih bagus sehingga anda bisa mengatur jadwal harian anda dengan lebih teratur dan orang – orang disekitar anda pun akan terbiasa untuk tidak mengganggu anda pada waktu-waktu tersebut.

  1. Hindari Hal-hal yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Anda

Sangat normal jika pada saat melakukan pekerjaan penting konsentrasi kita sering terpecah atau teralihkan. Jika anda suka ngemil, persiapkan cemilan dan minuman di dekat anda sebelum mulai bekerja. Jangan sampai pada saat bekerja dan tiba-tiba ingin ngemil, sementara makanan tak ada disamping anda maka keadaan ini akan membuat konsentrasi menjadi tidak baik.

Usahakan jangan terlalu sering membuka HP (kalau bisa jauhkan HP dari anda jika sedang bekerja) karena itu adalah hal paling ampuh yang bisa mengganggu konsentrasi dan mengganggu produktifitas anda. Hal ini akan berbeda jika pekerjaan anda memang membutuhkan HP misalnya anda menjalankan bisnis online atau pekerjaan lainnya yang sangat bergantung pada HP.

  1. Mengatur Waktu Istirahat dan Olahraga

Terlalu banyak bekerja juga tidak bagus untuk kondisi kesehatan fisik dan psikis anda. Mulailah untuk rajin berolahraga dan mengatur waktu istirahat sehingga tubuh anda menjadi sehat dan memiliki stamina yang bagus. Keadaan itu akan membuat anda lebih mudah berkonsentrasi dan secara tidak langsung meningkatkan produktifitas anda.

Baca juga : Lakukan Tips Berikut Ini Agar Karir Anda Cemerlang

Demikian diatas penjelasan singkat terkait masalah mengatur waktu agar bekerja lebih produktif. Jika anda merasa selama ini kurang produktif, semoga beberapa tips yang dijelaskan di atas bisa membantu anda lebih baik dan lebih produktif lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.