Mengapa Pengeluaran Meningkat Saat Ramadhan ?

6
157
Keluargasamawa.com – Alhamdulillah marhaban ya ramadhan. Mas bro dan mbak sis, pernah tidak membandingkan pengeluaran di bulan ramadhan ini dengan bulan biasa. Kenapa cenderung meningkat padahal kalau hari biasa makan 3 kali, sedangkan waktu puasa hanya 2 kali tapi kenapa pengeluaran membengkak drastis.
Pengeluaran Meningkat Saat Ramadhan
Pada artikel keluarga samawa akan mengulas ini loh, faktor-faktor yang menyebabkan pengeluran dibulan ramadhan meningkat dari bulan-bulan biasa :
  • Harga Barang Naik
Sudah tak usah kaget lagi, harga-harga kebutuhan pokok sehari-hari dan barang kebutuhan lainnya akan mengalami kenaikan terus menurus yang signifikan saat bulan ramadhan datang. Sehingga dengan naiknya harga tentunya pengeluaran akan meningkat. Tipsnya bisa berbelanja sekaligus untuk keperluan selama satu bulan untuk kebutuhan pokok yang bisa di simpan dalam waktu lama.
  • Hidangan berbuka dan sahur yg spesial
Dibulan ramadhan ini, tentunua kita menginginkan hidangan berbuka puasa yang lebih spesial dari menu hidangan yang disajikan pada hari-hari biasanya. Ada kolak pisang, kurma, sirup dan menu lainya. Maka perlu adanya mengatur menu hidangan selama ramadhan dengan berfariasi supaya tidak bosan dan pengeluran lebih terperinci dengan baik.
  • Buka Bersama
Bukber atau buka bersama biasanya menjadi acara spesial bersama teman, rekan kerja atau keluarga jika ingin berbuka diluar rumah. Tentunya membutuhkan pengeluaran yang lebih untuk makan di rumah makan atau restoran. Atur jadwal bukber dengan baik.
  • Membeli Baju Baru
Membelikan pakaian baru untuk anak-anak dan keluarga, sudah menjadi tradisi bagi kebayakan orang, sebagai bentuk rasa kasih sayang orang tua kepada anak tercintanya dengan membelikan baju baru untuk lebaran. Jika spertinya baju lawas masih pantas dan masih bagus spetinya tidak harus membeli baju baru, atur saja sesuai keinginan bersama keluarga.
  • Mudik Kekampung Halaman
Sudah menjadi tradisi, setiap lebaran umat muslim di Indonesia berbondong-bondong mudik kekampung halaman menjelang hari raya Idulfitri. Sebagai wujud untuk menjalin silaturahmi yang erat antara keluarga dan sanak family. Atur jadwal dan tiket jangan sampai kehabisan, sehingga tidak perlu membayar lebih untuk tiket kelas atas dengan harga yang jauh lebih mahal.

Baca juga :  Hal Yang Dipersiapkan Ketika Akan Mudik Lebaran

Kesimpulanya : Tetap bersyukur dan mengatur keuangan dengan baik.
Terimakasih semoga bermanfaat. Ada tambahan, saran dan masukan silakan berikan komentarnya.

6 KOMENTAR

  1. Artikel Faktor penyebab pengeluaran meningkat pada bulan ramadhan di atas ngena banget sama kondisi saya sekarang Pak,
    terutama "Hidangan berbuka & sahur yang spesial" serta "acara buka bersama".

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.