LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Mendidik Anak supaya Jujur Sejak Dini secara Efektif

KeluargaSamawa.com – Jujur adalah salah satu sifat mulia yang idealnya wajib dimiliki  oleh setiap orang. Namun faktanya, bukan hal mudah untuk berani bersifat jujur. Selalu saja ada godaan dan beribu alasan yang membuat kita tidak melakukannya.

Nah berkaitan dengan kejujuran, sebagai orang tua tentunya kita wajib mendidik anak supaya jujur sejak dini. Mengutip dari berbagai sumber, berikut kami rangkum beberapa tips jitu melakukan hal tersebut.

  • Berikan Pemahaman pada Anak bahwa Jujur Nikmat

Orang tua hendaknya memberikan pemahaman kepada anak bahwa jujur itu adalah hal yang nikmat. Namun, tekankan pula kepada anak bahwa nikmat dari kejujuran itu terkadang tidak bisa dirasakan secara langsung agar anak tidak protes nantinya.

Nah, nikmat kejujuran yang bisa ditekankan orang tua kepada anak adalah bisa mengantarkan mereka untuk hidup dengan tenang tanpa harus dibebani oleh perasaan bersalah.

Mendidik Anak supaya Jujur Sejak Dini secara Efektif

Mendidik Anak supaya Jujur Sejak Dini secara Efektif

  • Berikan Pemahaman bahwa Tuhan itu Maha Melihat

Selain memberikan pemahaman pada anak bahwa jujur itu nikmat, orang tua juga hendaknya memberikan pemahaman pada anak bahwa Tuhan itu Maha Melihat. Kenalkan anak pada pengetahuan serta keyakinan bahwa dimanapun dan kapanpun mereka berbohong sekalipun tidak ada orang lain mengetahuinya, masih ada Tuhan yang melihat semua perbuatannya.

Baca juga : Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak

  • Berikan Penghargaan kepada Anak yang Berani Bersikap Jujur

Nah, cara mendidik anak supaya jujur sejak dini yang selanjutnya adalah memberikan penghargaan kepada anak yang telah berani bersikap jujur dan mengatakan kebenaran, karena bagaimanapun juga keberanian semacam ini adalah perkara yang cukup sulit.

Orang tua tidak perlu memberikan mainan atau barang lainnya sebagai bentuk penghargaan, orang tua cukup memberinya pujian saja sekaligus berikan dorongan yang kuat supaya anak lebih berani lagi dalam bersikap jujur.

  • Berikan Anak Konsekuensi dari Berbohong

Ada baiknya juga jika orang tua membuat semacam peraturan dan hukuman kepada anak yang berbohong. Lakukan diskusi dengan anak mengenai hukuman apakah yang nantinya akan mereka terima jika mereka ketahuan berbohong. Jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai masukan dari mereka, supaya anak tetap merasa dihargai.

  • Berikan Dongeng Mengenai Indahnya Kejujuran dan Akibat dari Berbohong

Orang tua sebaiknya menyisihkan sebagian uang untuk membeli buku dongeng. Mengapa? Karena pada buku dongeng biasanya berisikan pesan luhur yang sangat baik untuk diceritakan kepada anak. Nah, dari sekian dongeng yang ada tersebut, orang tua kemudian bisa membacakan yang bertemakan kejujuran kepada anak, sekaligus kemudian berikan kesimpulan indahnya jujur itu bagaimana dan akibat berbohong itu bagaimana, yang pasti kesimpulan ini disesuaikan dengan isi dongeng ya supaya bisa lebih masuk ke dalam pikiran anak.

Baca juga : Tips Merawat Perlengkapan Sekolah SiKecil

Nah, itulah diatas 5 cara dalam mendidik anak supaya jujur sejak dini. Jangan lupa bahwa anak selalu meniru tindak tanduk kita, jadi usahakan sebisa mungkin agar  senantiasa berlaku jujur dalam hal apapun.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.