LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Menanamkan Minat Membaca Pada Anak Sejak Dini

“Buku adalah jendala dunia”, Buku adalah sumber ilmu pengetahuan hal inilah yang menggambarkan pentingnya membaca, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita. Membaca haruslah ditanamkan kepada anak-anak sejak dini.
Karena itu, bagaimana cara mengajarkan anak agar berminat untuk membaca? Caranya adalah dengan membacakan cerita sejak mereka lahir sebelum tudur bahkan semenjak di kandungan. Beberapa manfaat membacakan cerita untuk anak antara lain:

Menanamkan minat anak untuk membaca buku.

Dengan gemar membaca buku tentu akan menambah pengetahuan anak dan dapat menjadikan dirinya lebih kreatif, cerdas dan pintar.

Membuat anak menjadi lebih tenang dan nyaman.

Karena suara orangtua sudah biasa didengar sejak dalam kandungan, maka ketika mendengar suara Anda setelah anak lahir membuatnya merasa tidak sendirian, sehingga anak merasa lebih nyaman.

Membantu anak mengenal kata dan kalimat.

Ketika orangtua membacakan cerita, anak akan mendengar kata yang Anda ucapkan. Hal ini akan menambah perbendaharaan kata yang dimilikinya, membantunya mengenal arti kata dan kalimat. Anda juga dapat menerangkan arti suatu kata yang kelihatannya asing atau belum diketahui artinya.

Menyampaikan pesan moral untuk anak.

Buku-buku yang dikhususkan untuk anak, biasanya berisi pesan moral yang hendak disampaikan sehingga dapat menjadi media untuk memberitahu anak apa hal baik dan buruk yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Meningkatkan hubungan emosional orangtua dan anak.

Membacakan cerita dapat membuat anak merasa diperhatikan.

Jadi, jangan lupa bacakan cerita untuk anak Anda malam ini.

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.