LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Menanamkan hemat dan menabung pada anak sejak dini

Menabung dan berhemat merupakan kebiasaan yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini, karena dengan mengajarkan kebiasaan berhemat dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Sehingga anak bisa mengatur uang dengan sebaik-baiknya dari kecil. Menabung juga untuk melatih anak untuk bersabar, mampu menahan diri, berdisiplin dan anak mampu memenuhi keiginannya/sesuatu tanpa targantung kepada orang tua.

sehingga akan terbiasa dan mampu memanage uang sampai anak tumbuh dewasa. Berikut akan dibahas tips-tipsnya.
Tips-tips mengajarkan anak menghemat uang dan supaya gemar menabung :
  • Untuk awal perkenalan menabung berikanlah anak celengan yang unik/sesuai kesukaanya sehingga anak tertarik untuk menabung.
  • Perkenalkan tempat manabung yang aman, ajaklah anak ke Bank sebagai pengetahunan dan menambah wawasan kepada anak.
  • Ajarkanlah/berilah pengetahuan kepada anak untuk mendahulukan kebutuhan dari pada keinginan kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi terlebih dahulu, misalnya antara buku sekolah dengan mobil-mobilan mana yang harus dibeli dahulu. ajarkan kepada anak mana yang lebih penting,buku harus dibeli terlebih dahulu kemudian kalau ada sisanya baru untuk dibelikan mainan, dst.
  • Bawalah makanan dari rumah untuk bekal ketika sekolah, selain lebih sehat dan terjamin kebersihanya, kamu jadi bisa menghemat uang, sehingga uang bisa ditabung
  • Jika mungkin, jarak kesekolah tidak terlalu jauh dari sekolah, berjalan kakilah kesekolah atau menggunakan sepeda selain tidak memerlukan uang untuk transport, bersepeda dipagi hari membuat badan kita menjadi segar dan lebih sehat.
  • Jika kamu suka membaca buku atau komok, kamu bisa meminjam di perpustakaan atau bisa saling bertukar pinjam sesama teman.
  • Belilah barang pada saat ada diskon atau potongan harga.

Ayo menabung ….

Terimakasih semoga bermanfaat !!!

5 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.