LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Memilih lagu yang sesuai untuk anak-anak

Dahulu sewaktu masih kecil kita sangat sering sekali mendengarkan lagu-lagu anak, mulai dari Trio kwek kwek, Joshua dengan lagunya diobok-obok, Bondan dengan lagunya si lumba-lumba, hampir setiap hari selalu diputar lagu-lagu anak tersebut di media Televisi.  Bahkan sampai sekarang kita masih ingat dan hafal siapa artis atau penyanyi-penyanyi cilik yang dulu terkenal sampai sekarang mereka beranjak menjadi dewasa. Dan masih banyak lagi acara-acara musik  yang sangat baik ditonton oleh anak-anak seperti Susan, Kak Seto dengan Sikomonya dll.

Berbeda sekali dengan sekarang ini, sepertinya sudah sangat jarang sekali Lagu-lagu anak yang diputar di televisi dan artis penyanyi cilik pun sudah tidak terdengar di media televisi. Bahkan anak-anak lebih cenderung suka dan menyanyikan lagu-lagu dewasa yang sepertinya sangat tidak pantas dinyanyikan oleh anak-anak.

Hal ini bisa menyebabkan kurang baiknya terhadap perkembangan anak, anak-anak akan terbiasa mengucapkan kata-kata yang tidak pantas dan tidak sopan di ucapkan oleh seorang anak, karena sering mendengar lirik-lirik  dan hafal lagu dewasa yang tidak cocok untuk anak.
 
Maka Guru dan orang tua yang mempunyai peran penting dalam membimbing anak terhadap lagu-lagu /musik-musik  atau seni-sini yang cocok diberikan oleh anak, berikan hiburan-hiburan yang baik dan pantas untuk anak untuk menumbuhkan sikap sopan santun baik perkataan dan perbuatan.  Juga perkenalkan lagu tradisional daerah dan Lagu-lagu Nasional untuk menumbuhkan jiwa Patriotisme kepada anak-anak.

Terimakasih semoga bermanfaat, apabila ada saran, masukan dan kritik silahkan berikan komentar !

8 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.