LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Membuka Pintu Rezeki dengan Menikah di Usia Muda

Menikah merupakan suatu momen yang sakral bagi seorang laki-laki dan perempuan yang saling mencintai dan ingin membangun kehidupan rumah tangga. Namun, bagi pasangan muda maupun mereka yang sudah lama berpacaran tidak mau segera memutuskan menikah lantaran belum siap dan karena telah tertanam di pikiran mereka bahwa harus menjadi orang sukses dulu sebelum menikah. Padahal, jika mereka memutuskan untuk menikah pintu rezeki akan terbuka lebar . Sebab ikatan mereka telah halal serta terhindar pula dari fitnah.

Bagi anda yang ingin menikah di usia muda, namun masih ragu, takut ataupun khawatir dengan kehidupan rumah tangga yang akan anda jalani, simaklah beberapa fakta penting di bawah ini tentang membuka pintu rezeki dengan menikah di usia muda. Penasaran? Langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

Membuka Pintu Rezeki dengan Menikah di Usia Muda :

  1. Janji Allah untuk mereka yang menikah

Allah berfirman dalam QS. An-nur 24:32 yang artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Membuka Pintu Rezeki dengan Menikah di Usia Muda

Membuka Pintu Rezeki dengan Menikah di Usia Muda

Dari firman di atas, sudah sangat jelas bahwa Allah akan memberi karunia-Nya bagi mereka yang menikah. Berkaitan dengan karunia tersebut, yang dimaksud adalah berupa rezeki. Jadi sebaiknya tinggalkanlah keraguan dan ketakutan anda untuk menikah di usia muda. Perlu anda ingat bahwa yang namanya rezeki bukan hanya  soal materi saja. Dapat mensucikan jiwa serta menentramkan hati juga termasuk rezeki yang dapat membuat anda semakin merasa bersyukur dan dari rasa syukur itulah anda akan semakin tekun dan giat dalam beribadah serta bekerja.

Baca juga : Inilah Beberapa Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Sebelum Menikah

  1. Sabda Rasulullah tentang menikah

Di riwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,  bahwa Rasulullah bersabda:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلَاثَةٌ كُلُّهُمْ حَقٌّ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ عَوْنُهُ الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيدُ الْعَفَافَ وَالْمُكَاتَبُ الَّذِي يُرِيدُ الْأَدَاءَ

Artinya: “Ada tiga orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah: (1) orang yang berjihad di jalan Allah, (2) orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya, (3) budak mukatab yang ingin membebaskan dirinya.” (HR. An-Nasa’i, no. 3218; Tirmidzi, no. 1655; Ibnu Majah, no. 2518)

Dengan menikah berarti anda menjaga kesucian diri anda dan pasangan. Seperti yang kita tahu bahwa Allah tidak menyukai orang-orang yang berbat zina. Jadi, ketika anda menikah berarti anda telah membebaskan diri dari hal-hal yang dapat mendekatkan anda dengan zina. Justru, ketika menikah, sesuatu yang dianggap zina tersebut akan menjadi ibadah yang paling indah bagi anda dan pasangan.

  1. Doa malaikat untuk mereka yang menikah

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari, no. 1442; Muslim, no. 1010)

Dari hadist riwayat di atas, sudah sangat jelas bahwa para malaikat akan mendoakan mereka yang telah menikah akan mendapatkan karunia dari Allah. Imam Nawani ra juga menjelaskan hadits di atas bahwa para ulama menyatakan do’a malaikat di atas yang dimaksud dengan infak adalah infaq bagi mereka orang-orang yang lemah, infaq pada keluarga, infaq untuk menunjukkan akhlak yang mulia, infaq pada keluarga serta infaq yang lainnya.

Baca juga : Kriteria dan Tips Menjadi Calon Menantu Idaman Mertua yang Sebaiknya Anda Tahu

Nah, dari tiga penjelasan di atas maka janganlah takut untuk menikah di usia muda karena Allah akan  mempermudah segala urusan anda dan keluarga. Dan juga ketika anda sudah menikah, kehidupan anda pun akan jauh lebih baik dan teratur dibandingkan ketika anda masih sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.