LiburanLiburan Asik !!

Membuat Ranking Kelas dengan Excel

Tutorial Sederhana Rumus Microsoft Excel

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit ilmu yang saya pahami tentang rumus-rumus excel yaitu dengan membuat tutorial sederhana tentang rumus-rumus excel, semoga bisa bermanfaat untuk sobat-sobat. Untuk pertama kali saya akan menjelaskan rumus untuk membuat ranking kelas. Dalam penyampaiannya saya akan mencoba menjelaskan sedetail-detailnya dan menggunakan  contoh yang sesederhana mungkin sehingga mudah untuk dipahami.
Tutorial 1
Rumus untuk membuat Ranking Kelas
  • Buatlah atau ketik data-data seperti contoh dibawah ini atau silahkan download disini. Gambar dibawah ini menunjukan contoh sebuah nilai ujian siswa dari mata pelajaran tertentu.
  •   Untuk JML nilai gunakan rumus pada kolom I5 =SUM(F5:H5)  yaitu untuk menjumlah total nilai dari masing-masing siswa kemudian didrag kebawah.
  • Untuk menentukan ranking kelas kita menggunkan patokan berdasarakan JML Nilai dari siswa/siswi jadi semakin tinggi jumlah nilai yang diperoleh maka akan menempati ranking pertama dan seterusnya.
  • Rumusnya ranking kelas yaitu pada kolom J5 kita ketikan rumus =RANK(I5;$I$5:$I$9)
 Ket:
I5 yaitu untuk menentukan ranking murid pada kolom J5
$I$5:$I$9 adalah rentang dari ranking kelas tersebut, yaitu dari I5 sampai I9.  jangan lupa gunakan $ supaya  rentang ranking tidak berubah ketika didrag kebawah.
Silahkan dicoba dan dipraktekan semoga beramanfaat, terimakasih

 

17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.