LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Masya Allah !!! Ternyata Keutamaan Sholat Dhuha sangat Luar Biasa

Tahukah anda apa saja keutamaan sholat Dhuha? Sebagaimana yang kita ketahui, shalat dhuha ialah shalat sunnah yang masuk golongan sunnah muakkad. Namun meskipun sunnah, nyatanya sholat dhuha memiliki banyak keutamaan yang terbilang sangat dahsyat.

Nah, terkait keutamaan shalat Dhuha, berikut ini beberapa diantaranya. Silahkan disimak.

7 Keutamaan Sholat Dhuha bagi Pengamalnya :

  1. Sholat Dhuha adalah wasiat Rasulullah SAW

Dalam salah satu hadist riwayat bukhari, Rasulullah mewasiatkan beberapa hal termasuk didalamnya sholat dhuha.

“ Abu Hurairah RA berkata, ‘ Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam berwasiat kepada saya dalam 3 hal : yang pertama puasa selama tiga hari setiap bulan (ayamul baidh), Sholat Dhuha 2 rakaat setiap hari dan shalat witir 2 rakaat sebelum tidur’”

  1. Sedekah seluruh persendian

Keutamaan dari sholat dhuha selanjutnya adalah berfungsi sebagai sedekah. Beberapa orang muslim tidak lagi mampu mengeluarkan uang, pikiran atau tenaga untuk bersedekah. Hal ini mungkin karena keterbatasan ekonomi, keterbatasan waktu, dan keterbatasan biaya. Namun tahukah anda bahwa ada cara sedekah selain uang, pikiran, dan tenaga selain uang ? ada dua hal. Yang pertama adalah tersenyum dan yang kedua adalah sholat dhuha.

keutamaan sholat dhuha

keutamaan sholat dhuha

Nabi SAW bersabda yang artinya :

“ Pada pagi hari seluruh persendian setiap umat muslim harus disedekahi, maka setiap bacaan tahmid maupun alhamdulillah dapat dijadikan sedekah, bacaan tahlil maupun Lailahaillallah dapat dijadikan sedekah, setiap amar ma’ruf (mengajak kepada kebaikan) dan nahi mungkar (melarang pada keburukan) juga merupakan sedekah. Dan semua itu dapat diwakili dengan sholat dhuha 2 rakaat sehari” (HR. Muslim).

  1. Sholat Dhuha adalah kebiasaan orang yang senang bertaubat

Taubat yaitu kembali ke jalan yang benar (jalan Allah SWT), menyesali perbuatannya dan bersungguh sungguh tidak akan mengulanginya. Taubat tidak hanya dilakukan terhadap dosa besar, dosa kecilpun juga harus di taubati. Salah satu cara menghapus dosa adalah dengan sholat dhuha.

Baca juga : Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis yang Sebaiknya Anda Tahu

  1. Jaminan Kebutuhan hingga petang

Keutamaan lain dari dholat dhuha adalah jaminan pemenuhan kebutuhan dari pagi hingga petang. Banyak ulama yang berpendapat bahwa sholat dhuha merupakan pembuka rezeki bagi pengamalnya dan keluarganya.

  1. Sholatnya para Awwabin

Awwabin dalam bahasa arab bermakna orang yang kembali atau orang yang sering bertaubat. Beberapa ulama bersilang pendapat mengenai awwabin ini. Sebagian ulama berpendapat bahwa awwabin merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan sewaktu sholat maghrib dan isya’. Namun sebagian lain mempercayai bahwa sholat awwabin merupakan nama lain dari sholat dhuha.

  1. Pahala seperti orang yang mendapat rampasan perang

Keutamaan sholat dhuha yang lain adalah, pengamalnya akan mendapat pahala sebagaimana orang yang mendapatkan harta rampasan dari perang.

  1. Pahala seperti haji dan umroh

Sebagian orang mungkin tidak memiliki kemampuan untuk melaksanakan rukum islam yang kelima yakni Haji. Namun, dalam hadist riwayat Tirmidzi dijelaskan bahwa Allah telah mempermudah umatnya untuk mendapat pahala bagaikan haji dan umroh.

Nabi SAW bersabda yang artinya :

“ Barang siapa dari ummatku yang melakukan sholat shubuh berjamaah, lalu ia duduk berdzikir pada Allah hingga terbitnya matahari setelahnya ia sholat dua rakaat, maka dia seperti mendapat pahala sebesar haji dan umroh. Nabipun bersabda : ‘pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna’.” (HR. Tirmidzi)

Baca juga : 6 Rukun Wudhu dan Keistimewaannya Selain Sebagai Syarat Sah Shalat

Nah itulah tadi ulasan mengenai keutamaan sholat dhuha. Semoga Allah mempermudah langkah kita untuk Istiqomah dalam menjalankannya. Sekian, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.