Masih Sulit Bangun Buat Sahur? Lakukan 5 Tips Berikut Ini

Makan sahur sebaiknya tidak Anda lewatkan saat di bulan puasa. Alasanya karena selain bernilai ibadah, makanan yang Anda santap saat sahur ini yang menjadi bekal Anda untuk menjalani aktifitas seharian saat berpuasa. Nah, buat Anda yang sering merasa sulit untuk bangun saat waktunya sahur, kali ini kami akan bagikan resepatau tips yang bisa Anda coba terapkan, sehingga Anda tidak lagi melewatkan kegiatan berfaedah yang hukumnya sunnah ini. Oke, langsung saja silahkan disimak.

  • Jangan Tidur Terlalu Larut

Tidur terlalu malam sering menjadi penyebab seseorang malas bangun pagi. Ini biasanya juga berlaku saat bulan puasa, dimana jika Anda tidur terlalu larut malam akan semakin meningkatkan potensi Anda untuk melewatkan sahur. Mengapa? Karena biasanya badan atau bahkan otak Anda akan menolak untuk bangun jika tubuh masih terasa lelah.

Jadi, jika Anda tidak ingin melewatkan makan sahur ini, Anda perlu memperhatikan jam tidur Anda ya.

Baca juga : Inilah Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

  • Gunakan Alarm

Meskipun Anda sudah tidak tidur terlalu larut, tidak ada salahnya juga jika Anda sekalian memasang alarm. Namun, jika biasanya saat alarm berbunyi Anda langsung sigap mematikannya meski dalam kondisi yang masih setengah sadar, saat bulan ramadhan sebaiknya ini tidak diterapkan ya. Biarkan alarm berbunyi untuk sementara supaya kesadaran Anda kembali terlebih dahulu, baru kemudian matikan alarm dan jangan tidur lagi.

sahur

sahur

  • Silahkan Minta Bantuan pada Orang Lain

Jika kedua cara di atas masih belum mempan, Anda masih bisa meminta bantuan orang rumah untuk membangunkan Anda. Jika enggan, Anda bisa meminta bantuan teman untuk menelpon Anda dan mengajak Anda bicara hingga Anda benar-benar melek dan siap untuk sahur.

  • Jangan Mengkonsumsi Makanan Berat yang Berlebihan

Sebaiknya Anda juga tidak mengkonsumsi makanan berat beberapa jam sebelum Anda tidur. Mengapa? Karena makanan berat biasanya juga akan berdampak pada meningkatnya rasa malas untuk bangun.

  • Sediakan Air di Meja Dekat Tempat Tidur Anda

Nah, jika Anda khawatir keempat tips tersebut tak juga berhasil, Anda bisa mengantisipasinya dengan menyediakan air yang diletakkan di meja dekat tempat tidur Anda. Apa fungsinya? Untuk dipercikkan atau dioleskan pada wajah Anda supaya Anda bisa langsung merasa segar dan kantuk Anda bisa sedikit teratasi, sehingga Anda pun tidak merasa malas lagi untuk bangun.

Baca juga : Ingin Puasa Tanpa Merasa Lemas? Terapkan 5 Tips Ini

Nah, sudahkah anda melakukan hal-hal diatas? Dan lebih dari itu, keberhasilan tips-tips yang kami sebutkan sebenarnya tergantung dari seberapa kuat niat Anda untuk bangun. Oleh karena itu, niatkan diri untuk bangun sahur sebelum Anda pergi tidur, Insya Allah tubuh Anda akan bersiap untuk sahur sesuai dengan yang Anda rencanakan. Selamat mencoba.

Leave a Reply