LiburanLiburan Asik !!

Manfaat Tidur yang Cukup untuk Anak

Selain makan, tempat tinggal dan pakaian, tidur juga merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, karena tidur ini memiliki dampak yang luar biasa untuk mood dan kesehatan. Namun, berbeda usia, berbeda pula waktu tidur yang dibutuhkan. Jika pada anak-anak, seharusnya atau waktu yang ideal adalah 12 hingga 14 jam setiap harinya.

Durasi tidur ini akan berkurang seiring dengan pertambahan usia, namun harus diupayakan agar durasi tidur memenuhi kriteria cukup demi kesehatan. Jika pada orang tua, tidur dengan durasi yang cukup akan sangat membantu dalam peningkatan konsentrasi mereka, lalu bagaimana dengan anak?

Apakah durasi tidur yang cukup akan berpengaruh terhadap mereka? Untuk mengetahui jawabannya silahkan baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

  • Menjaga Suasana Hati

Selayaknya orang tua, anak juga melakukan berbagai aktifitas yang akan membuat tubuhnya lelah, sehingga dengan memiliki durasi tidur yang cukup, anak memiliki kesempatan untuk bersitirahat yang cukup sehingga baik tubuh maupun otaknya agar tidak kelelahan.

Namun , jika anak kurang tidur, kebanyakan mereka akan lebih rewel, kurang tertarik dengan sekelilingnya dan apa yang biasanya dilakukan oleh orang tua menjadi serba salah, karena suasana hatinya juga tidak nyaman.

Manfaat Tidur yang Cukup untuk Anak
Manfaat Tidur yang Cukup untuk Anak
  • Menjaga Kesehatan

Tak hanya membuat suasana hati anak menjadi nyaman, tidur yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak. Saat terjaga, otomatis anak akan melakukan banyak aktifitas yang membutuhkan banyak energi.

Setelah energi anak ini banyak berkurang otomatis anak akan merasa kelelahan, jika ini terus berlanjut, bisa dipastikan daya tahan tubuh anak akan menurun sehingga anak mudah sakit. Namun, dengan memiliki durasi tidur yang cukup, potensi anak untuk terkena sakit dapat diminimalisir.

  • Meningkatkan Kemampuan dalam Hal Memproses Informasi

Saat tidur energi tubuh si kecil akan kembali dan badan mereka juga akan segar lagi. Ini akan mendukung tingkat konsentrasi anak, sehingga anak memiliki kemampuan lebih dalam memproses informasi.

  • Meringankan Sakit

Saat anak sakit, sakit gigi misalnya, intensitas sakit yang dirasakan oleh anak ini akan berkurang jika dia tidur. Namun, menidurkan anak yang tengah sakit itu lebih sulit karena kebanyakan anak yang sakit malah susah tidur.

  • Merangsang Pertumbuhan

Manfaat tidur yang cukup bagi anak yang kelima ini bukan dinyatakan tanpa alasan. Tetapi pernyataan ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian telah yang dilakukan oleh Medical School Harvard University.

Hasil yang ditunjukkan oleh penelitian tersebut adalah anak balita yang durasi tidurnya cukup cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih optimal dibandingkan dengan anak yang durasi tidurnya kurang.

Baca juga : Tips Supaya Anak Suka Makan Sayur

Oke, itulah 5 manfaat tidur yang cukup untuk anak, dan sebaiknya orang tua senantiasa mengusahakan agar anak tidur dalam waktu yang di ajurkan tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.